Pastikan Stok dan Harga Bapok Stabil, Khofifah Kunjungi Pasar Panarukan Situbondo

author surabayapagi.com

- Pewarta

Senin, 10 Apr 2023 12:16 WIB

Pastikan Stok dan Harga Bapok Stabil, Khofifah Kunjungi Pasar Panarukan Situbondo

i

Gubernur Khofifah saat meninjau harga bahan pokok di Pasar Panarukan Kabupaten Situbondo, Sabtu (8/4/2023). Foto: Kominfo Jatim.

SURABAYAPAGI.COM, Situbondo - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengunjungi langsung Pasar Tradisional Panarukan, Kabupaten Situbondo, Sabtu (8/4/2023). Hal tersebut bertujuan untuk mengecek ketersediaan dan harga bahan pokok menjelang Hari Raya Idul Fitri 1444 H.

Pasalnya, beberapa waktu belakangan harga bahan pokok di pasar ini terbilang fluktuatif khususnya untuk komoditas beras. Maka dari itu, kunjungan kali ini ditujukan untuk memastikan bahwa harga bahan pokok masih dalam kondisi yang terkendali dan stabil

Baca Juga: Mobil Warga Situbondo Dibakar OTK

Didampingi Bupati Situbondo Karna Suswandi, Khofifah mendatangi satu persatu lapak pedagang di pasar, sembari bertanya langsung harga kebutuhan bahan pokok jelang Lebaran.

Khofifah menyebut menjelang Lebaran pihaknya berkeliling ke berbagai daerah di Jawa Timur memantau langsung harga bahan pokok dan memastikan proses distribusinya juga aman.

"Saya memang berkeliling ke berbagai pasar tradisional untuk memastikan bahwa menjelang Idul Fitri, ada tiga hal yang terjaga. Pertama ketersediaan bahan pokok aman, kedua, distribusi sampai konsumen dan ketiga, keterjangkauan daya beli masyarakat sehingga masyarakat bisa memenuhi kebutuhannya," kata Khofifah, Sabtu (8/4/2023).

Berdasarkan pemantauan tersebut, Khofifahmenyatakan bahwa harga bahan kebutuhan pokok (bapok) di Situbondo stabil dan di bawah harga eceran tertinggi (HET).

“Dari pemantauan saya di Pasar Tradisional Panarukan Situbondo, harga semua bahan pokok menjelang Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah, masih stabil dan di bawah HET," ujarnya.

"Kami melihat harga beras premium di sini kisaran Rp13.000/kg. Ini artinya harga tersebut di bawah HET mengingat saat ini HET beras premium Rp13.900/kg, gula pasir harganya Rp13.000/kg, berarti di bawah HET mengingat HET gula Rp13.500/kg," imbuhnya.

Demikian pula dengan harga telur Rp26 ribu/kg di bawah HET Rp28 ribu/kg. Harga daging ayam Rp28 ribu/kg di bawah HET Rp37 ribu/kg dan daging sapi Rp120 ribu/kg juga di bawah HET Rp140 ribu/kg.

Sementara haga bawang merah bertahan di harga Rp40.000/kg dan harga bawang putih masih terpantau tinggi yakni Rp30.00/kg.

Baca Juga: Tiket KA Angkutan Lebaran 2024 Bisa Dibeli Mulai 15 Februari

Minyak goreng merek "minyakita" yang harganya Rp14.000/kg, lanjut Khofifah, memang stoknya di berbagai pasar memang sedang menipis. Namun, produk dari merek minyak goreng yang lain masih ada.

"Insya-Allah masyarakat bisa mengakses minyak curah atau minyak kemasan lainnya dengan harga terjangkau," ucapnya.

Mantan Menteri Sosial itu lantas berpesan kepada Bupati Situbondo Karna Suswandi untuk senantiasa menjaga kestabilan harga bahan pokok di daerahnya agar sesuai dengan daya beli masyarakat, khususnya menjelang Lebaran.

"Oleh karena itu, saya pesan kepada Pak Bupati agar menjaga ketersediaan dan harga bapok  yang sudah bagus ini. Dijaga ketersediaannya dan pastikan sampai kepada konsumen semua bisa lancar . Berikutnya adalah harga-harga yang sudah bisa memenuhi keterjangkauan daya beli masyarakat," pesannya.

Selain itu, Khofifah juga mengimbau masyarakat untuk tidak melakukan panic buying atau memborong bahan pokok yang ada di pasaran menjelang Lebaran. Ia memastikan ketersediaan bahan pokok aman dan terjaga.

Baca Juga: Khofifah Potong Tumpeng, Ratusan Relawan Cukur Gundul

"Saya ingin menyampaikan kepada semua masyarakat untuk jangan memborong. Karena ketersediaan bapok (bahan pokok) ini sangat aman, harganya juga stabil sehingga semuanya aman menyambut Lebaran," imbaunya.

Sementara itu, Bupati Situbondo Karna Suswandi mengatakan, pihaknya mengapresiasi kunjungan Gubernur Jatim ke Situbondo yang  melakukan sidak ke pasar tradisional untuk memantau harga kebutuhan pokok masyarakat.

“Kami senang dan bangga Gubernur bisa hadir di pasar tradisional  Panarukan, kami mengapresiasi kunjungan ini,” ujar Bupati Karna.

Sebelumnya, peninjauan turut dilakukan di sejumlah pasar di Jatim seperti Pasar Kedungmaling dan Pasar Mojosari, Kabupaten Mojokerto (1/4/2023), Pasar Kolpajung, Kabupaten Pamekasan (3/4/2023), Pasar Legi, Kabupaten Ponorogo (4/4/2023),  Pasar Wage, Kabupaten Nganjuk (5/4/2023), dan Pasar Sambonggede, Kabupaten Tuban (6/4/2023). stb

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU