Piala Eropa 2020

Patrik Schick Samai Jumlah Gol CR7

Patrik Schick. SP/ Reuters

SURABAYAPAGI.com, Surabaya - Walaupun Timnas Republik Ceko gagal melangkah ke semifinal Piala Eropa 2020 yang berlangsung di Stadion Olimpiade Baku, Sabtu 3 Juli 2021 malam WIB dengan skor 1-2 saat melawan Timnas Inggris, namun nama Patrik Schick berhasil menyamai torehan gol Cristiano Ronaldo di Piala Eropa 2020.

Patrik Schick dan Cristiano Ronaldo telah mencetak lima gol plus sama-sama sudah gugur dari ajang Euro 2020. Di bawah mereka, para pemain yang membukukan empat gol juga tidak lolos ke semifinal. 

Patrik Schick mencetak satu gol saat Republik Ceko berjumpa Denmark di perempat final Euro 2020. Kini, pemain berusia 25 tahun menjadi top skor sementara Euro 2020 dengan lima gol.

Patrik Schick mencetak gol lewat proses yang cukup bagus. Pemain Bayer Leverkusen melepas sepakan frist time usai menerima umpan Vladimir Coufal. Bola sempat diblok pemain Denmark, tapi tetap meluncur ke gawang.

Satu gol ini sempat memberi harapan bagi Rep. Ceko untuk menyamakan kedudukan. Namun, hingga waktu normal usai, mereka gagal mencetak gol lagi. Rep. Ceko kalah dengan skor 2-1 dan gagal melaju ke semifinal.

Terhentinya langkah Rep. Ceko membuat peluang Patrik Schick untuk menambah jumlah golnya pupus. Rangkaian gol eks pemain AS Roma itu dipastikan berhenti pada angka lima.

Mendapati hal tersebut, Schick tak sepenuhnya merasa senang karena tetap gagal membawa Ceko ke semifinal. Dia bahkan kecewa gagal menyamakan kedudukan dengan Denmark. Padahal, Republik Ceko tampil menyerang selama paruh kedua, terutama pada menit-menit akhir.

“Dengan gol saya, turnamen ini sudah berjalan bagus. Kami semua merasa bisa mencetak gol lebih banyak. Denmark bukan tim yang tak bisa dikalahkan, dan kami menyesalinya,” kata Schick, Minggu (4/7/2021).

“Kami sangat kecewa. Perjalanan kami berakhir di sini. Saya pikir kami sudah bekerja keras untuk meraih kesuksesan. Namun, kami tak memiliki kekuatan untuk membalikkan keadaan pada menit-menit akhir,” ujarnya.

“Kami menambah kekuatan pada babak kedua dan berusaha bermain cepat dn memberikan tekanan. Keadaan terlihat menjanjikan, setelah gol awal. Tetapi, kami tak bisa menyamakan kedudukan. Kami kehabisan tenaga,” tutur Schick.

Tercatat ada tiga pemain yang sudah mencetak empat gol yaitu Romelu Lukaku (Belgia), Karim Benzema (Prancis), dan Emil Forsberg (Swedia).

5 gol - Cristiano Ronaldo (Portugal), Patrik Schick (Republik Ceska; 4 gol - Karim Benzema (Prancis), Romelu Lukaku (Prancis), Emil Forsberg (Swedia); 3 gol - Kasper Dolberg (Denmark), Harry Kane (Inggris), Raheem Sterling (Inggris), Georginio Wijnaldum (Belanda), Robert Lewandowski (Polandia), Haris Seferovic (Swiss), Xherdan Shaqiri (Swiss). Dsy3