PDI-P Bocorkan Rahasia Jadi Idola Anak Muda Milenial

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 13 Apr 2021 21:16 WIB

PDI-P Bocorkan Rahasia Jadi Idola Anak Muda Milenial

i

Wakil Ketua Bidang Pemenangan Pemilu DPD PDIP Jatim, Deni Wicaksono. SP/Riko Abdiono

 

SURABAYAPAGI.COM, Surabaya – Pengurus DPD PDI Perjuangan Jawa Timur angkat bicara terkait dengan hasil riset Surabaya Survey Center (SSC) yang menyebut PDI-P sebagai partai paling banyak dipilih kalangan milenial. Partai berlambang kepala banteng itu menjadi ”top of mind” hingga paling dipilih di kalangan milenial Jatim.

Baca Juga: Yusril tak Khawatir Hadapi Saksi Kapolda yang Diajukan PDIP

Wakil Ketua Bidang Pemenangan Pemilu DPD PDIP Jatim, Deni Wicaksono, mengatakan selama ini kebijakan maupun pola komunikasi yang dibangun oleh para kader PDI Perjuangan, baik di eksekutif, legislatif, maupun struktur partai sesuai harapan publik. "Termasuk harapan kalangan milenial,” ujar Deni , Selasa (13/4/2021).

Seperti diketahui, SSC melakukan survei pada 5-25 Maret 2021 di 38 kabupaten/kota se-Jatim. Terdapat 1070 responden yang dipilih dengan menggunakan metode stratified multistage random sampling dengan margin of error kurang lebih 3 persen dan tingkat kepercayaan sebesar 95 persen. Penentuan responden dari kalangan milenial dalam setiap kartu keluarga dilakukan dengan bantuan kish grid.

Hasil survei tersebut, PDI Perjuangan menempati posisi teratas di antara seluruh partai yang ada. ”Top of mind” PDIP di kalangan milenial mencapai 22,9 persen, disusul PKB 9,5 persen, Gerindra 5,8 persen, dan semua partai lainnya di bawah 5 persen.

Deni membocorkan soal kedekatannya dengan anak muda. Selama ini seluruh kekuatan PDIP Jatim memang terus bergerak dan hadir di tengah problematika masyarakat. Bagi kader yang duduk sebagai kepala daerah, PDIP mewajibkan untuk selalu membuat kebijakan yang mengutamakan kepentingan masyarakat, termasuk kaum milenial.

”Publik telah melihat begitu banyak pemimpin muda dan para kepala daerah berprestasi di Jawa Timur dari PDI Perjuangan yang tidak pernah hanya bekerja di balik meja. Mereka turun membantu masyarakat, mereka menelurkan banyak inovasi kebijakan yang bahkan menjadi referensi tingkat nasional,” ujarnya.

Baca Juga: PDIP Minta Pemilu Ulang

Bagi kader PDIP yang menjadi anggota parlemen, lanjut Deni, diwajibkan melakukan advokasi setiap permasalahan warga serta mengawal kebijakan pemerintah yang pro kepada masyarakat luas.

”Demikian pula kader yang duduk di struktur partai, semuanya bergotong royong membantu masyarakat menyelesaikan problematikanya,” papar anggota DPRD Jawa Timur tersebut.

Deni menambahkan, politik kebijakan para kader tersebut kemudian berpadu dengan pola komunikasi khas milenial. Setiap kepengurusan aktif menjalin komunikasi melalui media sosial. Para kader pun aktif di kanal media sosialnya masing-masing. Dan tidak sekadar aktif di media sosial, setiap kader PDIP juga responsif menjawab masalah atau pengaduan publik.

Baca Juga: Hasto: Pelaporan Ganjar ke KPK Bentuk Intimidasi, PDIP Semakin Diintimidasi, Semakin Kami Melawan

”Tidak sedikit kader PDI Perjuangan mengembangkan aplikasi untuk merespons setiap pengaduan. WhatsApp Center yang dimiliki kepala daerah, wakil kepala daerah, maupun anggota parlemen dari PDI Perjuangan sangat aktif,” jelas politisi muda tersebut.

”Inovasi kebijakan yang diusung para kader partai, inovasi program kegiatan partai, yang berpadu dengan pola komunikasi responsif dan cepat khas anak muda selama ini memang menjadi ciri gerak perjuangan partai ini,” pungkas Deni. rko

 

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU