Pedagang Pasar di Jombang Jalani Rapid Test

author surabayapagi.com

- Pewarta

Sabtu, 16 Mei 2020 12:33 WIB

Pedagang Pasar di Jombang Jalani Rapid Test

i

Pelaksanaan rapid test di salah satu pasar tradisional Jombang. (SP/M. Yusuf)

SURABAYAPAGI.COM, Jombang - Pelaksanaan rapid test serentak di lima pasar tradisional dilakukan oleh Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Kabupaten Jombang, pada Sabtu, (16/5/2020) pagi. Kelima pasar di Jombang yakni, Pasar Pon, Pasar Tunggorono, Pasar Legi, Pasar Ploso dan Pasar Peterongan.

Dalam pelaksanaan rapid tes kepada para pedagang pasar tersebut, dilakukan secara random. Menurut Koordinator Bidang Pencegahan GTPP Covid-19 Kabupaten Jombang, Agus Purnomo mengatakan, bahwa hari ini rapid test dilakukan serentak di lima pasar. Karena melihat dari kabupaten/kota kanan kiri klaster baru ada di pasar.

Baca Juga: Dokter Paru Mereaksi Jokowi Soal Endemi

“Karena saat ini klaster terbaru ada di pasar, jadi untuk meyakinkan saja. Karena kan pedagang yang sering berinteraksi dengan pembeli,” katanya, kepada jurnalis, Sabtu (16/5/2020). Agus menjelaskan, dalam pelaksanaan rapid tes ini dibagi per blok. Kemudian selanjutnya akan dilakukan diluar blok, khususnya para pedagang ayam. Dan masing-masing pasar diambil sampel 20 orang.

Baca Juga: Awas Covid-19 Varian Kraken, Tingkat Penularannya Cepat

"Sampai sejauh ini belum ada yang positif Covid-19," jelasnya. Sementara itu, salah seorang pedagang, Diana sangat mendukung dengan adanya rapid test ini. Karena akan tahu, siapa saja yang terpapar Covid-19 atau tidak. “Sangat setuju, karena bisa mengetahui siapa saja yang sakit, siapa yang sehat. Bila tidak menjaga kesehatan akan berbahaya, bisa terpapar Covid-19,” pungkasnya.

Baca Juga: PPKM Dicabut, Dinkes Kabupaten Mojokerto Tetap Siagakan Ruang Isolasi

Untuk rapid test ini, nanti hasilnya akan menunggu dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Jombang.(suf)

Editor : Aril Darullah

BERITA TERBARU