Pejabat Lamongan itu Harus Inisiatif Kolaboratif dan Inovatif

author surabayapagi.com

- Pewarta

Kamis, 20 Okt 2022 18:20 WIB

Pejabat Lamongan itu Harus Inisiatif Kolaboratif dan Inovatif

i

Bupati saat melantik 37 pejabat eselon IV, III, dan II di lingkungan Pemkab Lamongan. SP/MUHAJIRIN KASRUN

SURABAYA PAGI, Lamongan - Kunci untuk mencapai kesuksesan dalam mengemban amanat sebagai ASN, pejabat itu harus punya inisiatif, kolaboratif dan tidak kalah penting lagi adalah harus inovatif atau yang biasa disebut dengan 'IKI' dalam upaya memberikan pelayanan prima kepada masyarakat.

Hal itu disampaikan oleh Bupati Yuhronur Efendi saat melantik 37 pejabat eselon IV, III dan II di lingkup Pemerintah Kabupaten Lamongan pada Rabu (19/10/2022) malam di Pendopo Lokatantra setempat.

Baca Juga: Atasan dan Bawahan Ini Saling Berhadapan, "Partai" ASN Akhirnya Terbelah

Disebutkan olehnya, arahan yang diberikan itu tidak hanya ditujukan untuk 37 pejabat yang baru dilantik, tapi semua ASN lebih-lebih Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) agar selalu mempunyai karakter 'IKI' dengan, konvergensi, dan keroyokan dalam menangani permasalahan yang akan dihadapi kedepan. 

"Seperti apa yang telah disampaikan Ibu Gubernur, untuk mencapai kesuksesan ada hal yang menjadi jawaban bagi kita semua, yakni 'IKI' yang ini adalah Inisiatif, Kolaboratif, dan Inovatif," ujarnya.

Lebih jauh bupati menerangkan bawa inovatif ini maksudnya adalah setiap individu harus melakukan sesuatu, dan memulai mengambil peran untuk tugas dan tanggung jawab yang diperlukan bagi masyarakat. 

Baca Juga: Bupati Lamongan Berangkatkan 3 Bus Balik Gratis

Sedangkan kolaboratif artinya setiap bagian tidak bisa sendirian, harus melibatkan unsur-unsur yang lain, sehingga akan tercipta sebuah energi yang besar dengan adanya kolaborasi ini. Selain itu Inovatif yang dimaksud adalah terus mencari hal-hal yang baru, yang ini tidak hanya dalam bentuk benda atau pemikiran namun juga semangat, motivasi, dan cara-cara penanganan masalah.

"Hal ini yang harus menjadi pedoman kita bersama agar tugas kita sampai pada apa yang menjadi tujuan Pemerintah Daerah, juga tujuan negara," tambahnya.

Bupati juga mengajak untuk terus mempertahankan prestasi yang telah dicapai oleh Kabupaten Lamongan, yang mana hal ini merupakan bentuk cerminan bahwa kinerja yang dilakukan sudah berada pada jalur yang benar.

Baca Juga: 110 ASN Diambil Sumpah, Bupati Pesan Agar Pelayanan Publik Harus Berkualitas

"Saya selalu tekankan, mari kita jaga apa yang sudah kita peroleh saat ini, kita jaga agar kita selalu dalam trend positif. Kita harus beradaptasi dengan tuntutan ilmu pengetahuan, informasi, teknologi, dan berbagai hal yang menuntut kita untuk berubah dan terus berbenah, yang ini biasa disebut dengan transformasi," katanya.

Diantara 37 pejabat yang dilantik berdasarkan Keputusan Bupati Lamongan Nomor : 821.2/207, 208/413.205/KEP/2022 Tentang Pemberhentian dan Pengangkatan/Pemindahan Pegawai Negeri Sipil dalam Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama, Administrator, dan Pengawas di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Lamongan tersebut, diantaranya Anang Taufik dari jabatannya sebagai Kepala Dinas Lingkungan Hidup menjadi Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Agus Hendrawan Camat Paciran menjadi Camat Lamongan, Sami'an dari Camat Deket menjadi Camat Paciran, dan Arif Bakhtiar dari jabatannya sebagai Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan menjadi Camat Deket. jir

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU