Pelabuhan Wisata di IKN Bakal Ditenderkan pada 2024

author surabayapagi.com

- Pewarta

Rabu, 01 Feb 2023 08:54 WIB

Pelabuhan Wisata di IKN Bakal Ditenderkan pada 2024

i

TItik 0 km di IKN. Foto: Setkab.

SURABAYAPAGI.COM, Jakarta - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan membangun pelabuhan wisata di IKN, Kalimantan Timur (Kaltim). Rencananya, lokasi pelabuhan wisata ini berada di Punggur yang berjarak 9 km dari pusat IKN.

Direktur Jenderal Perhubungan Laut Kemenhub, Arif Toha mengungkapkan bahwa pembangunan pelabuhan wisata tersebut ditujukan untuk mendukung kapal-kapal wisata yang akan berkunjung ke IKN.

Baca Juga: Tinjau IKN, Prabowo Diserbu Swafoto

"Kemarin itu adalah rencana untuk pelabuhan wisata, jadi pendukung kapal-kapal wisata bagi wisatawan yang akan berkunjung ke IKN," kata Arif di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (31/1/2023).

Arif menerangkan, proyek pelabuhan wisata IKN saat ini masih dalam tahap proses perencanaan. Ia menuturkan, Kemenhub sedang mengejar studi kelayakan atau feasibility study yang diharapkan rampung tahun ini. 

"Kita masih melakukan studi. FS-nya sudah hampir selesai, tahun ini selesai," ujarnya.

Ia menegaskan bahwa prasarana ini sebagai salah satu fasilitas bagi masyarakat yang berkunjung atau berwisata ke IKN.

"Jadi bukan untuk kegiatan hari hari atau penumpang, tapi hanya untuk wisata, mungkin nggak besar," tuturnya.

Lebih lanjut, Arif menjelaskan bahwa pembangunan pelabuhan wisata berbeda dengan pelabuhan untuk mengangkut bahan material pembangunan IKN. Menurutnya, pelabuhan untuk pembangunan IKN berada di bawah wewenang Kementerian PUPR.

Baca Juga: Kemenhub: Pemudik Pesawat 2024 Diproyeksi Capai 4,4 Juta Orang, Naik 12%

"Yang pembangunan material segala macam itu dari Kementerian PUPR dan sudah berjalan sekarang," ucapnya.

Arif mengungkapkan pihaknya telah melakukan survei lokasi untuk menentukan wilayah yang layak diproses yaitu di wilayah Punggur. Maka dari itu, pelepasan perencanaannya akan dimulai dari studi kelayakan.

Pembangunan pelabuhan wisata itu, kata Arif, sudah berada pada penyiapan dokumen pembangunan. Jika studi kelayakan tersebut bisa selesai tahun ini, kemungkinan besar tender pembangunan pelabuhan tersebut akan dimulai di tahun 2024.

Adapun terkait biaya yang akan dikeluarkan serta luasan pelabuhan tersebut, Arif belum bisa memastikan lantaran masih menunggu hasil studi.

Baca Juga: Sejumlah Menteri Sudah Ribut Rumahnya di IKN

"Kita masih melakukan studi, kalau setelah rencana pelabuhan induknya jadi baru tahu perencanaan dananya berapa," pungkasnya.

Sebelumnya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengunjungi lokasi yang bakal dibangun dermaga wisata dan bandara VVIP di wilayah IKN di Kaltim, Jumat (20/1/2023).

Kunjungan kerja Menhub ke IKN merupakan bagian dari langkah menyiapkan perencanaan pembangunan dan pengembangan sarana prasarana transportasi. Sejumlah infrastruktur transportasi yang akan dibangun di IKN yaitu dermaga wisata, bandara VVIP dan transportasi ramah lingkungan. jk

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU