Pelajar TK B Diwacanakan Ikut PTM Usai Lebaran

author surabayapagi.com

- Pewarta

Minggu, 09 Mei 2021 16:05 WIB

Pelajar TK B Diwacanakan Ikut PTM Usai Lebaran

i

Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Bondowoso, Haeriyah Yuliati. SP/PEMKABBONDOWOSO

SURABAYAPAGI, Bondowoso – Pelajar TK B dan kelas 1-3 Sekolah Dasar (SD) diwacanakan akan mengikuti Pembelajaran Tatap Muka (PTM) yang bakal digelar usai lebaran 2021 mendatang. Semula, PTM hanya dilaksanakan untuk siswa kelas 4-6 SD dan 7-9 SMP saja.

Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Bondowoso, Haeriyah Yuliati mengatakan PTM bagi siswa TK B dan 1-3 SD bakal dilangsungkan pada 20 Mei mendatang. Saat ini masih dalam tahap menyiapkan sarana prasarana pendukung protokol kesehatan. Pelaksanaan PTM juga harus mendapat izin orang tua siswa. "Pelaksanaan PTM untuk siswa TK B dan 1-3 SD direncanakan setelah Lebaran, atau tepatnya 20 Mei," katanya, Sabtu (8/5/2021).

Baca Juga: Ngeri! Kajari dan Kasi Pidsus Kejari Bondowoso, Diduga Kena OTT KPK

Haeriyah menjelaskan PTM bagi siswa TK B dilaksanakan sebagai persiapan untuk melanjutkan ke jenjang SD.Sebab, pembelajaran lewat daring lebih sulit diterapkan untuk siswa TK B. Proses belajar mengajar pun menjadi tidak maksimal.

Pelaksanaan PTM untuk TK B berlangsung 1,5 jam dan akan dipantau secara ketat. "Pihak Lembaga TK khawatir siswanya belum siap masuk SD karena belajar daring tidak maksimal. Oleh karena itu, mereka mengajukan PTM. Pembelajaran baca tulis menghitung (calistung) kepada siswa jadi fokus utama," jelasnya.

Baca Juga: Harga Cabai di Bondowoso Makin Pedas: Pedagang Sumringah, Pembeli Meringis

Ia melanjutkan, jumlah siswa yang hadir dalam PTM wajib dibatasi 50 persen. Beberapa sekolah, menerapkan sistem pembagian rombongan belajar. "Sistemnya memang berbeda-beda tiap lembaga sekolah. Salah satunya, misal, Senin-Rabu siswa kelas 1-3 yang masuk sekolah. Untuk Kamis-Sabtu siswa kelas 4-6. Penerapannya menyesuaikan jumlah ruang kelas," terangnya.

Sejauh ini, pelaksanaan PTM di Bondowoso berjalan aman dan lancar. Tidak menutup kemungkinan PTM di Bondowoso bakal merata pada tiap jenjang pendidikan.

Baca Juga: 28 Camat Se- Bojonegoro Akan Terima Mobil Dinas Baru, Anggarannya Rp 7 Miliar Lebih

Tentunya lebih dulu melalui proses pertimbangan kondisi persebaran Covid-19."Kami terus memantau pelaksanaan di lapangan atau monev (monitoring evaluasi) dan berkomunikasi dengan lembaga sekolah. Hingga kini tidak ada kendala. Kami juga menyampaikan ke kepala lembaga sekolah kalau ada siswa yang sakit tadi perkenankan masuk. Itu untuk antisipasi," pungkasnya.tn/na

Editor : Mariana Setiawati

BERITA TERBARU