Pelaku UMKM di Surabaya Diberdayakan Produksi Masker 3 Lapis

author surabayapagi.com

- Pewarta

Kamis, 08 Jul 2021 12:53 WIB

Pelaku UMKM di Surabaya Diberdayakan Produksi Masker 3 Lapis

i

Sejumlah pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) ikut dilibatkan dalam pembuatan masker tiga lapis dalam jumlah besar di Balai Kota Surabaya, Rabu (7/7/21). (SP/ANT/Humas Pemkot Surabaya)

SURABAYAPAGI, Surabaya - Kepala Dinas Perdagangan Kota Surabaya, Wiwiek Widayati menyampaikan bahwa sejumlah pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) saat ini ikut dilibatkan dalam pembuatan masker tiga lapis dalam jumlah besar di Balai Kota Surabaya, Jawa Timur.

“Sebenarnya selama ini pelaku UMKM sudah membuat sekitar 7 ribu masker di tempat mereka masing-masing. Namun, demi mengoptimalkan lagi pembuatannya, kami minta bekerja di Balai Kota Surabaya,” kata Wiwiek Widayati. Kemarin.

Baca Juga: Fenomena ‘War Takjil’ Ramadhan Jadi Berkah dan Peluang UMKM Tingkatkan Penjualan

Sebanyak 10 penjahit dan 2 orang pemotong kain dilibatkan dalam pembuatan masker 3 lapis tersebut . Mereka berasal dari UMKM binaan Pemkot Surabaya. Ia juga menjelaskan kebijakan untuk pembuatan masker dengan memberdayakan UMKM ini memang perintah Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi. Sehingga diharapkan UMKM terus bergerak dan turut serta membendung penyebaran COVID-19 dengan adanya masker ini.

“Jadi, banyak pekerjaan yang dilakukan untuk pemberdayaan UMKM, mulai dari pembuatan masker, pembuatan APD (alat pelindung diri), dan juga ada lagi pembuatan rompi untuk para relawan,” ungkapnya.

Ia memastikan bahwa pembuatan masker di Balai Kota Surabaya ini akan membuat masker tiga lapis, sehingga memang sedikit tepat untuk menepis virus. Dulu, biasanya hanya menggunakan dua lapis lalu ditambah dengan masker medis, makanya sekarang ini pihaknya membuat yang tiga lapis.

Baca Juga: Lia Istifhama: War Takjil Menjadi Momen Tepat Support UMKM

“Untuk targetnya, kemarin kan sudah buat 7 ribu, mudah-mudahan dalam waktu dekat ini juga bisa buat 7 ribu masker di Balai Kota Surabaya ini,” ungkapnya.

Sementara itu, salah satu perwakilan pelaku usaha dari UMKM Arsyadina, Mita Arsyadina, menyampaikan terima kasih kepada Pemkot Surabaya karena di masa pandemi seperti ini masih diberdayakan. Menurutnya, hal tersebut dapat membantu pelaku usaha untuk tetap bertahan.

“Kali ini, kami kerja tim untuk membuat masker tiga lapis seperti permintaan Pemkot,” katanya.

Baca Juga: Bupati Sumenep Himbau Agar Produk Lokal Dipertahankan

Mita mengatakan bersama pelaku UMKM lainnya akan menggarap satu roll kain dengan ukuran 60 yard, yang nantinya akan jadi sekitar 500 masker dengan tiga lapis. Ditambah lagi dengan satu roll kain berukuran 30 yard yang nantinya akan jadi sekitar 300 masker dengan tiga lapis.

“Untuk awal-awal mungkin akan jadi 800 masker yang berlapis tiga, dan bahannya akan terus ditambah hingga target pembuatan masker terpenuhi,” ujarnya. sb4/na

Editor : Mariana Setiawati

BERITA TERBARU