Home / OlahRaga : Harapan Legenda Inggris pada The Three Lions

Pelan-pelan, Inggris Bisa Juara

author surabayapagi.com

- Pewarta

Minggu, 04 Jul 2021 21:43 WIB

Pelan-pelan, Inggris Bisa Juara

i

Dengan kemenangan atas Ukraina, Timnas Inggris menjadi satu-satunya yang meraih clean sheet.

SURABAYAPAGI.COM, Roma - Timnas Inggris berhasil melangkah ke semifinal Piala Eropa 2020 setelah mengalahkan Ukraina dengan skor telak, 4-0, Minggu (4/7/2021) dinihari WIB. Namun ada yang membuat berbeda kali ini, Harry Kane mulai menjadi aktor kemenangan Inggris di laga lawan Ukraina lewat dua gol yang dicetaknya. Dengen kemenangan ini, para legenda pun yakin Inggris bisa menjuarai Piala Eropa 2020.

Khusus bagi Harry Kane, hingga babak semifinal, striker Tottenham Hotspurs itu sudah mengemas tiga gol.  "Dia ditarik keluar saat hasil pertandingan sudah jelas, setelah mencetak dua gol. Dia tampil konsisten dalam upaya yang dilakukan, serta melepaskan tendangan mengagumkan yang berhasil diselamatkan penjaga gawang," kata Pengamat Teknik UEFA Jean-Francois Domergue, Minggu (4/7/2021). "Saat dia tampil percaya diri, begitu pula dengan seluruh squad Inggris," imbuhnya.

Baca Juga: Akhirnya Bajul Ijo Bisa Menang atas Klub Radja Nainggolan

Sementara itu Kane menyatakan kemenangan ini sesuai ekspektasi kendati menjadi tekanan juga bagi tim. "Kami menjadi favorit untuk memenangkan pertandingan ini. Begitu banyak tekanan dan harapan serta menampilkan performa seperti itu adalah hal yang bagus. Kami kembali berhasil tidak kebobolan dan mencetak empat gol. Ini adalah malam yang sempurna bagi kami," ucap Kane.

Kane juga berharap semua pemain Inggris memanfaatkan momentum itu dengan baik. Striker yang musim ini tidak memperpanjang kontraknya di Hotspur, berharap seluruh pemain Inggris tampil semaksimal mungkin dan memenangkan dua laga tersisa, yakni semifinal saat melawan Denmark, dan final Piala Eropa 2020.

Menurut Kane yang tak mau mengulangi kegagalan Piala Dunia 2018 itu, semua pemain Inggris harus berani untuk mengeluarkan permainan terbaiknya. Sebab ia percaya, peluang bermain di turnamen besar seperti Piala Eropa 2020, apalagi bisa mencapai babak semifinal adalah hal yang sulit untuk dicapai.

“Ini akan menjadi luar biasa. Sungguh momen yang luar biasa bagi kami sebagai tim, sebagai bagian dari bangsa. Banyak dari kami yang bermain sekarang, mungkin tidak akan mendapatkan kesempatan untuk memiliki pertandingan besar seperti itu di turnamen besar lagi,” cerita Kane.

“Ini semua momentum ada untuk kami, ini adalah kesempatan bagi kami (untuk mengantarkan Inggris memenangkan turnamen besar seperti Piala Eropa), dan kami harus meraihnya dengan kedua tangan ini,” tambahnya.

Baca Juga: Saatnya Menang, Rek!

 

Harapan Legenda

Sementara, para legenda Inggris berharap tinggi pada anak asuh Gareth Southgate. Hingga babak semifinal nanti, Timnas Inggris masih clean sheet alias belum kebobolan. Tak heran, baik Alan Shearer dan Rio Ferdinand optimis, Inggris bisa menjuarai Piala Eropa yang final akan digelar di Stadion Wembley, London, Inggris.

"Sesuatu yang spesial sedang terjadi. Kami memulai turnamen dengan lambat, tapi perkembangan terlihat perlahan-lahan," ujar Alan Shearer, pemegang 63 caps dan 30 gol, kepada BBC One.

Baca Juga: Garuda Disingkirkan Australia, Meski Gameplay Timnas Sudah Berkembang

"Hati saya merasa  kali ini Inggris akan juara. Tidak boleh gembira terlalu dini memang, tapi apa boleh buat karena Gareth Southgate dan timnya amat luar biasa," tambah eks bomber Newcastle United dan Blackburn Rovers tersebut.

Ferdinand yang menjadi bagian dari generasi emas Inggris periode 2004-2008 pun dilanda euforia. Southgate dianggap sanggup mengeluarkan potensi terbaik Jadon Sancho dkk. sambil tetap membuat kepala para pemain tetap dingin.

"Sebelumnya aku tidak pernah merasa percaya diri seperti sekarang. Skuat yang sekarang terlihat sangat tenang di bawah tekanan," beber Rio Ferdinand. er/dsy/cr2/rmc

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU