Pelantikan, Kakanwil Kemenag Tegaskan Pejabat agar Loyalitas pada Tugas

Pelantikan 42 pejabat di lingkungan Kanwil Kemenag Jawa Timur Jumat (6/11/2020). SP/ Mochammad Kasyfi Fahmi   

SURABAYAPAGI, Surabaya - Kepala Kantor Wilayah Kemenag Jatim, Ahmad Zayadi melantik 42 pejabat di lingkungan Kanwil Kemenag Jawa Timur. Gelaran acara dilakukan di aula setempat, Jumat (6/11/2020).

Selesai acara pelantikan, Ahmad Zayadi menghimbau para pejabat untuk memegang teguh komitmen, tanggung jawab dan integritas dalam melaksanakan tugas yang telah diamanahkan." Sadari bahwa jabatan adalah amanah. Maka wajib hukumnya menjaga amanah itu dalam wujud loyalitas pada tugas," tegasnya.

Selain gelaran acara pelantikan ditempat, acara ini juga digelar secara daring Kankemenag Kabupaten Kota Blitar, Kabupaten Pacitan, Kabupaten Lamongan, Kabupaten Tulungagung, dan Kota Pasuruan ikut serta dalam acara secara daring.

Kakanwil mengatakan bahwa, "Jabatan adalah tanggung jawab. Karenanya harus bersikap hati-hati dan menjaga diri dalam menjalankan tugas, menaati segala aturan perundang-undangan, sumpah jabatan dan etika jabatan," ucapnya.

dce4d055-8100-4b33-be5b-ed0572142701

Jabatan merupakan sarana pengabdian, tetapi jabatan bukan tujuan pengabdian. Karena itu, Ahmad Zayadi meminta untuk tidak menukar antara sarana dengan tujuan sehingga membawa akibat yang merugikan diri sendiri dan institusi.

Kakanwil mengingatkan bahwa, sangat penting membangun hubungan baik dan kerjasama dengan para ulama, masyayikh, majelis agama, ormas keagamaan, lembaga pendidikan keagamaan, serta segenap elemen umat beragama.

 "Pejabat Kementerian Agama harus dekat dengan umat untuk mengetahui aspirasi yang berbeda dan kadang boleh jadi bertentangan," pesannya.

 Dipenghujung sambutan, Kakanwil meminta untuk membangun kemitraan dengan Pemerintah Daerah dan unsur Forkopimda pada setiap level layanan.

"Sebagai unsur pimpinan dan aparatur Kementerian Agama, kita semua harus bisa membawa diri dan menempatkan diri dengan baik," pungkasnya. mbi