Pelantikan Menpan RB Azwar Anas, Jokowi: Enggak Usah Pesan, Beliau Sudah Sangat Ngerti

author surabayapagi.com

- Pewarta

Kamis, 08 Sep 2022 11:49 WIB

Pelantikan Menpan RB Azwar Anas, Jokowi: Enggak Usah Pesan, Beliau Sudah Sangat Ngerti

i

Menpan RB Azwar Anas

SURABAYAPAGI,COM, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah resmi melantik Abdullah Azwar Anas sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) di Istana Negara Jakarta, Rabu (7/9/2022) kemarin pukul 13.30 WIB.

Jokowi mengatakan tidak perlu menitipkan pesan kepada Azwar Anas sebagai MenPAN RB. Pasalnya, Jokowi menilai rekan sesama partainya di PDI Perjuangan tersebut sudah paham apa yang akan dikerjakan dengan jabatan baru tersebut.

Baca Juga: Franz Magnis: Presiden Gunakan Kekuasaannya Untungkan Beberapa Pihak, Sama Seperti Mafia

"Beliau enggak usah di anu (diajari) lah, enggak usah dipesan-pesan. Sudah ngerti apa yang harus dilakukan, sangat ngerti. Bukan ngerti, tapi sangat ngerti," kata Jokowi usai pelantikan di Istana Negara, Rabu (7/9/2022).

Jokowi ingin Azwar menghadirkan birokrasi yang melayani seluruh rakyat Indonesia.

"Digarap secara cepat sehingga birokrasi kita menjadi birokrasi yang melayani, birokrasi dengan kedisiplinan yang tinggi," pesan Jokowi.

Baca Juga: Presiden tak Beri Arahan Kepada 4 Menteri dalam Sidang Sengketa Pilpres di MK

Selain itu, Jokowi mengungkapkan alasan dirinya memilih Azwar sebagai Menpan RB. Salah satunya karena Jokowi kepincut dengan kinerja Azwar saat menjabat sebagai Bupati Banyuwangi 2016-2021.

"Kita semua tahu Pak Azwar Anas track record-nya jelas waktu memegang birokrasi di Banyuwangi banyak sekali yang saya lihat," ungkap Jokowi.

Jokowi mengaku telah melihat langsung inovasi-inovasi yang dibuat Azwar di Banyuwangi, dari bidang pelayanan publik, pengurusan Kartu Tanda Penduduk (KTP), dan perizinan.  

Baca Juga: Jokowi tak Mau Berkomentar Dituding Intervensi Dibalik Pencalonan Gibran

"Inovasi-inovasi di urusan KTP, urusan perizinan, dan bisa dilakukan di pasar di mall. Saya kira beliau termasuk yang pertama saat itu sehingga track record itu yang menyebabkan kita memilih Pak Azwar Anas," pungkas Jokowi.

Azwar dilantik menjadi Menpan RB untuk menggantikan posisi almarhum Tjahjo Kumolo yang berpulang pada 1 Juli 2022 lalu. Sebelumnya, jabatan Menpan RB masih kosong sekitar dua bulan lebih. Azwar diketahui pernah menjabat sebagai Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP). jk

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU