Pelatihan Fotografi dan Web Digelar Mahasiswa TP UNESA

SURABAYAPAGI, Surabaya - Mahasiswa Teknologi Pendidikan (TP) Universitas Negeri Surabaya (UNESA) melaksanakan pelatihan peningkatan kompetensi guru pada pengembangan media pembelajaran.

Peltihan ini dilakukan dalam rangka mengaplikasikan mata kuliah Pengelolaan Pelatihan  dengan melakukan pelatihan pada sekolah. Pada kegiatan ini, mahasiswa TP memberikan pelatihan pengembangan pembuatan dan pengelolaan website sekolah di PG-TK-DayCare KIA-KIRA, Sedati, Sidoarjo, Senin (21/11/2022).

Pada hari yang sama, dilaksanakan pula pelatihan fotografi bagi siswa SMP Tamaddun Afkar Sidoarjo. Sedangkan, pelatihan pembuatan dan pengelolaan website sekolah di PG-TK-DayCare KIA-KIRA, Sedati, Sidoarjo diperuntukkan kepada para guru.

Eka Nurhidayati Harumning H, Kepala sekolah PG-TK-DayCare KIA-KIRA, Sedati, Sidoarjo mengatakan melalui pelatihan ini, guru semakin dapat mengembangkan kompetensinya dalam penguasaan teknologi informasi dan komunikasi.

''Dengan pelatihan pembuatan dan pengelolaan website sekolah ini maka efektifitas dan efisiensi informasi terkait sekolah akan update dan semakin memudahkan akses terkait sekolah,'' jelasnya.

Guru akan semakin kreatif, katanya, tidak gagap teknologi dan menjadi langkah positif dalam menyambut era edukasi 5.0 melalui transformasi  akses informasi sekolah berbasis teknologi.

Mahasiswa yang terlibat dalam pelatihan ini, Dwi Putri Ratnasari, Satria Adi P, Dita Putri Maharani, dan Ryan Yoga, yang merupakan mahasiswa S1 semester 5 program studi TP UNESA.

Pelatihan fotografi di SMP Tamaddun Afkar yang dikepalai oleh Arista Ervian, M.Pd dilakukan dengan cara, pengenalan dasar-dasar fotografi, demonstrasi cara penggunaan kamera DSLR, dan praktik pengambilan foto berdasarkan jenis-jenis foto.

Pelatihan fotografi yang dilakukan ini membantu para peserta didik SMP Tamaddun Afkar agar peserta didik dapat manjadi generasi muda yang mampu bersaing dalam dunia kerja serta mampu untuk menciptakan peluang berwirusaha dalam dunia fotografi. Pelatihan ini diberikan oleh Dhani Aldhiansyah, Muhammad Mujayin, Nur Aliyatul Fitriyah, Misgianti Putri, dan Nur ilmiatin Nafia.

czczc_1

Diakhir pelatihan, diadakan sebuah challenge fotografi guna untuk melihat output dari pelatihan fotografi ini. Selain dapat mengukur ketrampilan setelah mengikuti pelatihan fotografi, peserta juga mendapatkan reward atas hasil fotografinya. Sehingga banyak sekali antusias peserta dalam challenge fotografi ini.

“Pelatihan fotografi ini sangat menyenangkan dan menambah pengetahuan saya dalam bidang fotografi,” ucap salah satu peserta didik SMP Tamaddun Afkar dalam penyampaian kesan dan pesan diakhir acara pelatihan.

Mata kuliah Pengelolaan Pelatihan yang diampu oleh Dr. Fajar Arianto, M.Pd, mengatakan bahwa dengan mahasiswa terjun langsung ke lapangan, diharapkan mahasiswa menjadi lebih inovatif, kreatif, kolaboratif, kemampuan pemecahan masalah, dan jiwa entrepreneur yang unggul.

''Demikian juga pelatihan pembuatan dan pengelolaan website sekolah yang dilakukan oleh mahasiswa S1 TP UNESA bagi guru-guru di PG-TK-DayCare KIA-KIRA, Sedati Sidoarjo ini memberikan ruang untuk saling belajar dimana ruang belajar bagi mahasiswa dalam mewujudkan kampus merdeka dan  dan ruang belajar bagi guru dalam mewujudkan merdeka mengajar,'' ujarnya.fjr/na