Pelatihan Peningkatan Kapasitas SDM Bappedalitbang Kota Mojokerto, Berikut Arahan Wali Kota

author surabayapagi.com

- Pewarta

Minggu, 19 Mar 2023 16:17 WIB

Pelatihan Peningkatan Kapasitas SDM Bappedalitbang Kota Mojokerto, Berikut Arahan Wali Kota

i

Wali Kota Mojokerto memberikan arahan secara virtual kepada peserta pelatihan SDM Bappedalitbang Kota Mojokerto di Yogyakarta

SURABAYAPAGI.COM, Mojokerto - Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari memberikan arahan dalam Pelatihan Peningkatan Kapasitas SDM Bappedalitbang dalam Penyusunan Dokumen Perencanaan Pembangunan Daerah di ruang Sabha Pambojana Rumah Rakyat, Sabtu (18/3).

Dalam arahan yang disampaikan secara virtual tersebut, wali kota menegaskan pentingnya fungsi Bappedalitbang dalam pelaksanaan proses pembangunan di Kota Mojokerto.

Baca Juga: Meriah, Lomba Patrol Ramadhan Diikuti Ratusan Pelajar dan Karang Taruna Se Kota Mojokerto

"Bappedalitbang adalah hulu dari perencanaan se-Kota Mojokerto," ujar wali kota kepada segenap jajaran Bappedalitbang peserta pelatihan di Yogyakarta.

Lebih lanjut, perempuan yang akrab disapa Ning Ita ini menerangkan kunci keberhasilan sebuah perencanaan. Yakni, perencanaan oleh Bappedalitbang harus dilakukan denga baik.

"Perencanaan yang baik yaitu berorientasi pada target, terukur, dan memiliki time line yang jelas," tutur Ning Ita.

Sehingga melalui pelatihan yang digelar dua hari tersebut, jajaran pegawai Bappedalitabang dapat menyerap dan memahami ilmu yang diberikan. Agar SDM Bappedalitbang lantas dapat bekerja sebagai mana fungsi yang diharapkan.

Selain perencanaan, Ning Ita juga menekankan pentingnya Bappedalitbang dalam peran monitoring dan evaluasi (monev) atas pelaksanaan berbagai perencanaan yang telah diputuskan.

Baca Juga: Kawal Hak Pekerja, Pemkot Mojokerto Buka Posko Pengaduan THR

"Tugas Monev ini bagaimana sebisa mungkin harus dilakukan secara istiqomah, simultan, dan berkelanjutan," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Bappedalitbang Kota Mojokerto, Agung MS menekankan dalam sambutan dan arahannya agar SDM di Bappedalitbang Kota Mojokerto dapat meningkatkan kapasitas kepada seluruh pegawai khususnya fungsional perencana.

"Terkait pekerjaan rumah yang belum selesai, tindak lanjut asisten seluruh perangkat daerah telah melakukan perbaikan pohon kinerja dan dokumen tersebut telah disampaikan ke tim PANRB," ujarnya.

Berkaitan dengan hal tersebut, lanjut Agung, diharapkan seluruh pegawai Bappedalitbang dapat mendampingi perangkat daerah dalam proses penyusunan dokumen perencanaan. 

Baca Juga: Kota Mojokerto Siap Hadapi Arus Mudik Lebaran 2024, Ini Langkah dan Strateginya!

"Pendampingan tersebut dimulai dari pohon kinerja perangkat daerah, cascading sampai dengan dokumen renstra dan rencana kerja perangkat daerah," ungkapnya.

Sementara itu, Narasumber dari akademisi Universitas Brawijaya Malang, Andy Kurniawan memaparkan agar insan Bappeda selalu memperbarui pengetahuan dan ilmu serta percaya diri dalam mengambil keputusan.

"Terkait ekosistem kerja diharapkan Bappedalitbang Kota Mojokerto agar membuat ekosistem kerja yang baru karena tantangan kedepan semakin dinamis dan fleksibel," ungkapnya. Dwi

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU