Peletakan Batu Pertama Pembangunan PT. HAPETE, Wali Kota Kediri Ajak Kolaborasi Majukan Perekonomian Kota Kediri

author surabayapagi.com

- Pewarta

Minggu, 05 Jun 2022 17:36 WIB

Peletakan Batu Pertama Pembangunan PT. HAPETE, Wali Kota Kediri Ajak Kolaborasi Majukan Perekonomian Kota Kediri

i

Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar meletakkan batu pertama pembangunan PT. HAPETE

SURABAYAPAGI.COM, Kediri - Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar meletakkan batu pertama pembangunan PT. HAPETE, Minggu (5/6/2022). Pembangunan PT. HAPETE ini terletak pada kawasan peruntukan industri di Kelurahan Blabak dan Kelurahan Betet.

Abdullah Abu Bakar mengatakan Pemerintah Kota Kediri memiliki komitmen yang kuat untuk mengembangkan perekonomian di Kota Kediri. Beberapa tahun yang lalu Kota Kediri menetapkan Pesantren sebagai kawasan industri, wilayah Kota sebagai kawasan perdagangan dan jasa, serta wilayah barat sebagai pusat pendidikan. Bahkan hal ini sudah ada di zaman kerajaan Hindu Budha dan zaman pemerintahan Belanda. Kota Kediri letaknya ada di tengah Karesidenan, maka tidak heran apabila kota ini menjadi tempat berkumpul banyak orang.

Baca Juga: Pj Wali Kota Kediri: Perlu Dukungan Seluruh Pihak untuk Mengimplementasikan Smart City

“Inilah yang membuat pertumbuhan perekonomian di Kota Kediri menjadi baik. Makanya ada mall dan hotel mau masuk ke Kota Kediri. Baru-baru ini Bu Gubernur menemukan data bahwa index of happiness di Kota Kediri ini tertinggi di Indonesia. Kota Kediri menjadi kota paling bahagia di Indonesia,” ujarnya.

 

Dalam kesempatan ini, Wali Kota Kediri mengajak PT. HAPETE dan masyarakat untuk memajukan perekonomian di Kota Kediri. Untuk terus memajukan perekonomian ini, Pemerintah Kota Kediri juga terus berupaya untuk mencetak sumber daya manusia (SDM) yang baik. Berbagai program telah dilakukan Pemerintah Kota Kediri untuk meningkatkan SDM yang ada di Kota Kediri. Diantaranya sekolah gratis bagi SD dan SMP negeri, bantuan seragam, kursus bahasa inggris gratis, dan bantuan pendidikan perguruan tinggi.

Baca Juga: Tingkatkan Kualitas Statistik Sektoral OPD, Pemkot Kediri Gelar Evaluasi dan Review

“Kami ingin SDM kami ini berkualitas dan unggul dari daerah lain apabila ada perubahan SDM kita ini bisa mengisi dan mengambil peluang. Semoga PT. HAPETE bisa terus berkolaborasi dengan masyarakat sekitar. Mohon apabila nanti membuka lapangan pekerjaan diutamakan warga sekitar,” ungkapnya.

Orang nomor satu di Kota Kediri ini menambahkan bahwa Presiden Republik Indonesia Joko Widodo menitipkan pesan kepada seluruh kepala daerah agar belanja melalui APBN dan APBD menggunakan produk dalam negeri. Upaya ini diharapkan dapat menaikkan perekonomian Indonesia. “Saya harap PT. HAPETE di Kota Kediri dapat mewarnai kancah nasional. Mudah-mudahan pembangunannya diberi kemudahan dan dapat segera beroperasi,” imbuhnya.

Sementara itu, Direktur Utama PT. HAPETE Dikin Oentono mengatakan PT. HAPETE merupakan perusahaan pembuatan benang industri. Beberapa waktu lalu PT. HAPETE berniat melakukan ekspansi. Perusahaan telah melakukan survey ke berbagai daerah untuk ekspansi. Namun akhirnya dipilihlah Kota Kediri.

Baca Juga: Pj Wali Kota Kediri Serahkan SK Pensiun ke 50 PNS Kota Kediri

“Saya sudah melakukan survey ke berbagai daerah hingga ke Jawa Tengah. Di Jawa Timur saya tidak langsung datang ke Kota Kediri namun ke Mojokerto dan Jombang dulu untuk survey namun saya yakin dan tertarik dengan Kota Kediri. Padahal waktu itu saya belum tahu bahwa di Kediri ini akan berdiri airport. Semoga dengan kami membangun pabrik di sini dapat membantu masyarakat sekitar. Kami pun siap berkolaborasi dengan pemerintah maupun dengan masyarakat,” ujarnya.

Saat peletakkan batu pertama Wali Kota Kediri didampingi Komisaris PT. HAPETE Woen Oentono, Direktur Utama PT. HAPETE Dikin Oentono, dan Direktur PT. HAPETE Dikim Oentono, Kepala DPM-PTSP Edi Darmasto, Kepala DPUPR Endang Kartika, Kepala Dinas Perhubungan Didik Catur, Kepala DLHKP Anang Kurniawan, Camat Pesantren Widiantoro, perwakilan dari Barenlitbang, dan tamu undangan lainnya. kominfo

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU