Pelindo III Optimalkan Prokes Penumpang di Pelabuhan Tanjung Perak

author surabayapagi.com

- Pewarta

Minggu, 04 Apr 2021 14:29 WIB

Pelindo III Optimalkan Prokes Penumpang di Pelabuhan Tanjung Perak

i

CEO PT. Pelindo III Onny Djayus. SP/ Sem

SURABAYAPAGI.com, Surabaya - Sebagai pengelola terminal penumpang Gapura Surya Nusantara (GSN) di Pelabuhan Tanjung Perak, Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III terus berupaya memberikan pelayanan yang maksimal.

Baca Juga: Pemkot Surabaya Gelar Halal Bihalal

CEO PT. pelindo III Regional jatim Onny Djayus menyampaikan, pihaknya selalu mengedepankan pelayanan dan memanjakan stakeholder Pelabuhan Tanjung Perak khususnya bagi para penunpang.
 
"Saya tidak ingin ada penumpukan penumpang. Sehingga kami membangun terminal penumpang semegah ini tak lain adalah jangan sampai ada penumpang yang kepanasan apalagi kehujanan,” kata Onny Djayus saat kunjungan  Komisi V DPR RI, Sabtu (03/04/2021) kemarin.
 
Mengingat kasus pandemi covid-19 yang terus bertambah, Pelindo III bekerjasama dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan guna memperketat protokol kesehatan dan memvalidasi sekalihus memeriksa surat bebas covid-19 para penumpang.
 
Terkait surat bebas covid-19 bagi para penumpang kapal, telah diatur dalam  Surat Edaran Kementerian Perhubungan No. 12/2020 dan Surat Edaran Satuan Tugas Covid-19 No. 3/2020.  Dalam SE tersebut, perjalanan dengan menggunakan moda transportasi laut wajib menggunakan rapid tes antigen.
 
"Gedung ini juga difasilitasi dengan dua garbarata. Jika memungkin alat ini akan difungsikan agar memecah penumpang antara lantai satu dan lantai dua, disamping itu kami sebagai operator memastikan bahwa calon penumpang sudah dirapid antigen," katanya
 
Mengenai kerjasama dengan KKP, sebelumnya Deputi Manager Umum dan Humas Pelindo III Regional Jawa Timur, Rendy Fendy, menjelaskan, kerjasama tersebut adalah berkaitan dengan persiapan fasilitas dan SDM dalam rangka penerapan protokol kesehatan.
 
"Dari operator, (mereka) melakukan pemeriksaan kelengkapan dokumen perjalanan, dari pihak terminal menyiapkan fasilitas pendukung penerapan protokol kesehatan," akunya
 
Guna mempermudah penumpang dalam memenuhi administrasi keberangkatan, pihak Pelindo III telah bekerjasama dengan Rumah Sakit Primasatya Husada Citra (RS PHC) Surabaya untuk tes rapid antigen.
 
"Untuk test antigent sudah ada kesepakatan sama PHC cuma belum ditindaklanjut," katanya. Sem

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU