Pelindo III Terus Lakukan Pengecekan Secara Berkala Alat Bongkar Muat

author surabayapagi.com

- Pewarta

Senin, 21 Des 2020 14:53 WIB

Pelindo III Terus Lakukan Pengecekan Secara Berkala Alat Bongkar Muat

i

Aktivitas bongkar muat peti kemas di terminal Berlian Tanjung Perak.SP/SAMMY MANTOLAS

SURABAYAPAGI,Surabaya - Aktivitas bongkar muat di beberapa terminal Tanjung Perak seperti terminal Nilam dan Berliam terus dipantau secara berkala oleh Pelindo III Tanjung Perak.

Pantauan yang dilakukan selain aktivitas bongkar muat peti kemas, juga terkait alat dan keselamatan para pekerja atau petugas operasional yang saban hari berada di lapangan.

Baca Juga: Perdana, TPS Kirim 10 GD Logistik KA Rute Surabaya-Jakarta

Kepala Bagian (Kabag) Humas Pelindo III Suryo Khasabu saat dihubungi mengaku, para pekerja pelabuhan sebelum diturunkan ke lapangan harus dalam keadaan sehat secara jasmani.

Para petugas operasional kata Suryo, sebelum jam kerja dimulai akan dilakukan pemeriksaan kesehatan tim medis. Pengecekan tersebut berupa tekanan darah dan suhu tubuh para pekerja. Tujuannya untuk memastikan bahwa mereka siap bekerja.

"Yang sudah di lapangan itu, sudah dinyatakan sehat oleh tim medis kami. Kalau yang tidak sehat ya untuk sementara tidak bekerja," kata Suryo saat dihubungi melalui saluran telepon beberapa waktu yang lalu

Baca Juga: Arus Petikemas di TPS Surabaya Bulan Juli 2021 Naik 5,65 Persen

Mengenai kelayakan alat angkut atau crane, Suryo menjelaskan semuanya sudah sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh kementerian ketenagakerjaan melalui Peraturan menteri tenaga kerja dan Transmigrasi RI Nomor Per.09/Men/VII/2020 tentang Operator dan Petugas pesawat angkat dan angkut.

"Alat kami sudah layak fungsi, ada SLF-nya atau sertifikat laik fungsi," jelasnya

Baca Juga: Terminal Petikemas Surabaya Kirim 620 Juta Ton Komoditas ke 12 Negara

Guna menjaga kelayakan tersebut, setiap tahunnya akan ada pengecekan secara berkala untuk melihat apakah ada alat yang telah rusak dan atau perlu diganti.

"Jadi kita lihat, apakah ada sling atau talinya itu yang rusak. Kalau ada langsung kita ganti dengan yang baru," pungkasnya.sem

Editor : Mariana Setiawati

BERITA TERBARU