Pelindo III Upayakan Bangun Perpustakaan Digital di Tambak Sarioso

author surabayapagi.com

- Pewarta

Rabu, 02 Jun 2021 14:34 WIB

Pelindo III Upayakan Bangun Perpustakaan Digital di Tambak Sarioso

i

Dirut SDM Pelindo III saat meninjau kampung warna-warni Tambak Sarioso. SP/ humas Pelindo III

SURABAYAPAGI.com, Surabaya - PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III terus melakukan pemberdayaan masyarakat dengan membangun perpustaan digital di wilayah Buyuk Indah, Tambak Sariosa Surabaya.

Pembangunan yang berbasis kampung binaan tersebut, digarap menggunakan anggaran CSR melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL).

Baca Juga: Adventure Land Romokalisari Surabaya Ramai Peminat Wisatawan Luar Kota

"Kampung Warna Warni Tambak Sarioso nantinya akan terus dibenahi mulai dari penataan lingkungan, pengecatan rumah sebagai daya tarik wisata serta pembangunan perpustakaan digital," kata Direktur SDM Pelindo III, Edi Priyanto, Rabu (02/06/2021).

Selain pembangunan perpustakaan digital, pemeriksaan kesehatan dan pemberdayaan masyarakat juga akan dilakukan di kampung binaan perusahaan plat merah ini.

Program pembentukan kampung binaan kata Edi, merupakan bagian dari amanat untuk meningkatkan sosial ekonomi masyarakat. Oleh karenanta BUMN tanpa terkecuali Pelindo III wajib turut serta dalam upaya pembangunan ekonomi rakyat dan pemberdayaan masyarakat di lingkungan sekitar.

"Kami juga memberikan bantuan untuk peningkatan ketahanan pangan bagi masyarakat disini, seperti penanaman hidroponik dan budi daya ikan lele," katanya.

Baca Juga: Pemkot Surabaya Gelar Halal Bihalal

Khusus untuk hidroponik, sebelumnya Pelindo III telah menyalurkan sekitar Rp 225 juta untuk pembenahan kampung hidropik di wilayah Simo Kalangan melalui Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL).

Hingga saat ini, setidaknya ada sekitar 5 kampung binaan Pelindo III yang berlokasi di Surabaya. Diantaranya adalah Kampung Lawas Maspati, Kampung Simo Kalangan, Kampung Kefir, Kampung Markisa, serta Kampung Warna Warni Tambak Sarioso.

"Sudah menjadi kewajiban kami sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk mendukung kegitan masyarakat terutama yang berada di lini satu kegiatan operasional kami, sehingga ke depan akan memberikan dampak positif bagi ekonomi masyarakat luas," pungkasnya.

Baca Juga: Dispendik Surabaya Pastikan Pramuka Tetap Berjalan

Diharapkan dengan hadirnya kampung-kampung binaan Pelindo III, dapat menjadi katalisator dalam meningkatkan perekonomian masyarakat khususnya masyarakat menengah ke bawah.

"Semoga dengan hadirnya program ini, masyarakat dapat mengembangkan kreatifitasnya dan memajukan potensi daerahnya," ucapnya. Sem

 

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU