Pelni Genjot Vaksinasi Covid-19 di 4 Pelabuhan

author surabayapagi.com

- Pewarta

Kamis, 08 Jul 2021 15:26 WIB

Pelni Genjot Vaksinasi Covid-19 di 4 Pelabuhan

i

Calon penumpang kapal laut di Pelabuhan Tanjung Perak. SP/Semmy Mantolas

SURABAYAPAGI, Surabaya - PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) memberikan layanan vaksinasi covid-19 bagi para penumpang yang akan berangkat dari 4 pelabuhan di Indonesia.

Ke-4 pelabuhan tersebut adalah Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya Tanjung Priok Jakarta, Pelabuhan Tanjung Emas Semarang serta Pelabuhan Benoa Bali.

Baca Juga: Ratusan Anggota DPC PERADI Sidoarjo Antusias Ikuti Gelar Bakti Kesehatan Vaksinasi Covid-19

Pjs. Kepala Kesekretariatan Perusahaan Pelni Opik Taupik menyampaikan, layanan vaksinasi covid-19 tersebut sesuai dengan aturan perjalanan dalam PPKM Darurat Jawa-Bali yang berlaku pada 3-20 Juli 2021.

"SE Kemenhub mengharuskan pelaku perjalanan laut dari dan ke Pulau Jawa serta Bali harus menunjukkan kartu vaksin," kata Opik Taupik, Kamis (08/07/2021).

Sebagai informasi, aturan perjalan penumpang selama PPKM darurat termaktub dalam Surat Edaran (SE) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Nomor 44 Tahun 2021 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dalam Negeri dengan Transportasi Laut pada Masa Pandemi Covid-19.

Kebijakan tersebut mewajibkan pelaku perjalanan untuk menunjukkan kartu atau sertifikat vaksin berisi informasi vaksin minimal dosis pertama.

Baca Juga: Tiket Sold Out Saat, Ratusan Calon Pemudik Ngamuk di Pelabuhan Ambon

"Kami menghimbau kepada setiap calon penumpang kapal Pelni yang belum mendapatkan akses vaksin untuk memanfaatkan fasilitas ini," katanya menghimbau

Tak hanya menyediakan layanan vaksinasi Covid-19, Opik mengaku, pihaknya juga memperketat protokol kesehatan khususnya bagi penumpang yang akan berangkat menggunakan kapal Pelni. Salah satunya adalah penyemprotan disinfektan dan pembersihan kapal secara rutin oleh kru kapal.

"Para penumpang juga diwajibkan untuk memakai masker dan menjaga jarak," ucapnya.

Baca Juga: Vaksin Booster Covid-19 Kedua Harus Bayar Rp100 Ribu

Diharapkan dengan adanya penerapan prokes dan vaksinasi bagi para penumpang kapal Pelni mampu menekan penyebaran virus covid-19 sekaligus membantu pemerintah dalam mempercepat proses vaksinasi.

"Sebagai perusahaan yang masuk dalam sektor krusial, kami ini mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak yang membantu dalam penyediaan fasilitas vaksin bagi calon penumpang kapal Pelni," pungkasnya.sem

Editor : Mariana Setiawati

BERITA TERBARU