Pelni Siapkan 2 Armada Kapal untuk Korban Bencana di NTT

author surabayapagi.com

- Pewarta

Jumat, 09 Apr 2021 17:54 WIB

Pelni Siapkan 2 Armada Kapal untuk Korban Bencana di NTT

i

KM Egon, salah satu kapal penumpang yang disiapkan Pelni untuk mengangkut bantuan bagi korban bencana di NTT. SP/Mahbub FIkri

SURABAYAPAGI.COM, Surabaya -  PT Pelayaran Nasional Indonesia, PT PELNI Persero sebagai perusahaan pelayaran dan logistik maritim menyediakan dua armada kapal penumpang, KM Awu dan KM Egon untuk mengangkut bantuan kemanusiaan bagi korban bencana alam di wilayah Nusa Tenggara Timur.

Dalam hal ini Pelni membuka layanan bagi masyarakat yang ingin mengirimkan bantuan dapat mengirimkan barang bantuannya ke Posko Bantuan Bencana di Kantor Cabang PELNI Surabaya paling lambat tiga jam sebelum KM Egon diberangkatkan pada pukul 20.00 WIB, Sabtu (10/4).

Baca Juga: Tiket Sold Out Saat, Ratusan Calon Pemudik Ngamuk di Pelabuhan Ambon

Pjs Kepala Kesekretariatan Perusahaan, Opik Taupik menyampaikan PELNI mengajak seluruh perusahaan BUMN, swasta, maupun organisasi kemasyarakatan untuk dapat memanfaatkan armada kapal PELNI dalam mengirimkan bantuan kemanusiaan. Kedua kapal tersebut akan mengangkut bantuan dengan titik keberangkatan dari Surabaya menuju Waingapu dan Kupang, Nusa Tenggara Timur.

"Untuk pengangkutan barang bantuan pertama, perusahaan akan memberangkatkan KM Egon pada Sabtu (10/4) dan dijadwalkan tiba di Pelabuhan Waingapu pada Selasa (13/4)," terang Opik Taupik. 

Untuk kapal kedua, KM Awu dijadwalkan bertolak dari Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya pada Senin (12/4) dan dijadwalkan tiba di Pelabuhan Waingapu pada Kamis (15/4) dan tiba di Pelabuhan Kupang pada Jumat (16/4). Opik Taupik menambahkan dalam pengiriman bantuan kemanusiaan, armada kapal tersebut telah dipersiapkan untuk membawa sembako, barang keperluan sehari-hari, kendaraan, hingga relawan/tenaga medis. 

Baca Juga: Tahun 2021, Muatan Tol Laut Kapal Pelni Naik 43 Persen

"KM Egon merupakan kapal jenis Ro-Ro dengan kapasitas 500 pax. Kapal tersebut mampu mengangkut penumpang, muatan barang, hingga kendaraan bermotor. Kami sangat berharap segenap lapisan masyarakat dapat memanfaatkan momen ini untuk dapat meringankan penderitaan saudara kita di daerah terdampak bencana," jelasnya. 

Opik Taupik menambahkan juga bahwa selain mengerahkan dua kapal PELNI untuk mengangkut bantuan bencana ke wilayah NTT, PT Pelni Persero juga menyalurkan bantuannya kepada para korban yang terdampak senilai Rp 100 juta sebagai bentuk kepedulian perusahaan. Bantuan ini diwujudkan dalam bentuk barang yang akan diangkut dengan KM Egon yang akan diberangkatkan dari Surabaya dengan KM Egon (10/4).

Baca Juga: Nataru, Pelni Buka Tambah Baru Menuju Ambon dan Batam

Sebagai Perusahaan Badan Usaha Milik Negara yang bergerak pada bidang transportasi laut hingga saat ini telah mengoperasikan sebanyak 26 kapal penumpang dan menyinggahi 76 pelabuhan serta melayani 1.058 ruas. 

Selain angkutan penumpang, Pelni juga melayani 45 trayek kapal perintis yang menjadi sarana aksesibilitas bagi mobilitas penduduk di daerah 3TP di mana kapal perintis menyinggahi 285 pelabuhan dengan 3.811 ruas. Pelni juga mengoperasikan sebanyak 16 kapal Rede. Sedangkan pada pelayanan bisnis logistik, kini Pelni mengoperasikan 9 trayek tol laut serta 1 trayek khusus untuk angkutan ternak. fm

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU