Peluang Eksplorasi Migas di Lamongan Cukup Tinggi

author surabayapagi.com

- Pewarta

Senin, 26 Jul 2021 18:15 WIB

Peluang Eksplorasi Migas di Lamongan Cukup Tinggi

i

Kepala Perwakilan SKK Migas dan bupati menunjukan berita acara pelaksanaan sosialisasi kegiatan pengeboran sumur Kasuari Emas KSE-001. SP/MUHAJIRIN KASRUN

SURABAYAPAGI.COM, Lamongan - Kabupaten Lamongan menjadi salah satu daerah yang punya potensi cukup tinggi dilakukan eksplorasi. Dan dalam waktu dekat  Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi Jawa-Bali-Nusa Tenggara (SKK Migas Jabanusa) bakal memulai kegiatan eksplorasi di Desa Beru Kecamatan Sarirejo. 

Hal itu diutarakan Kepala Perwakilan SKK Migas Jabanusa, Nurwahyudi saat melakukan audiensi bersama Bupati Lamongan Yuhronur Efendi di ruang kerja Pemkab, Senin (26/72021). Turut hadir dalam audiensi, FM WMO Sapto Agus Sudarmanto, FM Folding Field Jemy Octavianto, Manager Drilling Zona 11 Zulkarnain, Exploration Rastra Wiradharma, Humas Relation Achmad Setiadi dan Herry Sukmawan. 

Baca Juga: Dalami Korupsi Pembangunan Gedung Pemkab, KPK Periksa Eks Ketua DPRD Lamongan

 

Disebutkan olehnya,  banyak sekali peluang di Kabupaten Lamongan untuk dilakukan eksplorasi, salah satunya yang akan dilakukan pengeboran di sumur Kasuari Emas KSE-001. "Perlu diketahui untuk  pertama kalinya hulu migas melakukan eksplorasi di Lamongan. Ada banyak sekali peluang di Kabupaten Lamongan untuk dilakukan eksplorasi, salah satunya di Desa Beru Kecamatan Sarirejo ini," ujar Nurwahyudi.

Lebih lanjut dijelaskan Nurwahyudi, bahwa pada bulan Agustus tahun 2021 ini pihaknya akan melakukan pengeboran, dan saat ini sedang dilakukan tahapan persiapan lahan di lokasi. Nurwahyudi juga mengungkapkan telah mengantongi ijin dari Dinas Lingkungan Hidup serta Dinas Perhubungan.

"Dalam waktu dekat ini kami akan melakukan eksplorasi, terkait perizinan dan aspek lingkungan hidup kami sudah mendapatkan ijin. Terima kasih banyak sekali supportnya Bapak Bupati," jelasnya.

Baca Juga: Berkah Ramadhan, 1000 Anak Yatim dan Disabilitas Lamongan Terima Santunan

Sementara itu, selaku pelaksana, PT. Pertamina EP Asset 4 yang diwakili Humas Relation, Achmad Setiadi menjelentrehkan berbagai kegiatan dan aktivitas saat dilakukan eksplorasi hingga selesai pengeboran. Mengingat proses pengerjaan dilakukan di tengah wabah Covid-19.

"Kita tahu, bahwa pengerjaan pengeboran ini dilakukan saat wabah Covid-19, namun kami selaku pelaksana akan melakukan berbagai prosedur yang sangat ketat terkait kesehatan para pekerja, sehingga tidak menimbulkan klaster baru," ujar Achmad Setiadi.

Sebelum masuk wilayah Lamongan, lanjut Achmad Setiadi, pekerjanya sudah melewati karantina selama 14 hari serta tes antigen. Usai bekerja, para karyawan ini juga akan dilakukan sterilisasi . Sehingga akan memberi rasa aman terhadap masyarakat setempat.

Baca Juga: Duhhh..Rp 11, 5 Miliar Bantuan Keuangan Pemdes Tahun 2023 di Lamongan Tak Kunjung Dicairkan

Sementara itu, Bupati Lamongan Yuhronur Efendi, mendukung penuh kegiatan yang akan dilakukan oleh SKK Migas melalui PT Pertamina EP Asset 4. "Kami mendukung eksplorasi ini sesuai kewenangan sebagaimana ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku," tutup Bupati Yes.

Pada kesempatan tersebut juga dilakukan penandatanganan berita acara pelaksanaan sosialisasi kegiatan pengeboran sumur Kasuari Emas KSE-001 di wilayah Kabupaten Lamongan. jir

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU