Pemasangan Eartag Capai 17.929, Dinas Peternakan Terus Gencarkan Sosialisasi

author surabayapagi.com

- Pewarta

Rabu, 30 Nov 2022 17:15 WIB

Pemasangan Eartag Capai 17.929, Dinas Peternakan Terus Gencarkan Sosialisasi

i

Petugas Dinas peternakan saat melakukan sosialisasi di pasar hewan

SURABAYAPAGI.COM, Bangkalan - Dinas Peternakan Kabupaten Bangkalan terus bergerak mensosialisasikan pemasangan Eartag pada hewan ternak utamanya sapi.

Kepala Dinas Peternakan melalui Kepala Bidang Pembibitan, Pakan, dan Produksi Peternakan (P4) Subai mengatakan, awalnya pihaknya khawatir karena pemasangan Eartag sempat ditolak oleh komunitas pengerap sapi.

Baca Juga: SKK Migas-PHE WMO Gelontor 1.000 Paket Sembako untuk Korban Banjir Bangkalan

Hal itu membuat dinas peternakan hanya meng-Eartag 42 Ekor.

Namun karena pihaknya terus melakukan sosialisasi di 18 kecamatan, pemasangan Eartag per Tanggal 30 November naik menjadi 17.929 atau 6,55 persen dari Target 273600.

Suba'i mengatakan, pihaknya getol melakukan sosialisasi pemasangan penandaan identitas atau eartag pada hewan ternak dalam pengendalian wabah penyakit mulut dan kuku (PMK).

Baca Juga: APMP Jatim Gelar Aksi di Kantor KPU Bangkalan

"Karena kita sudah mengantongi surat edaran bupati selain peraturan menteri," imbunya.

Selain itu, kegiatan eartag atau pemasangan penandaan pihaknya juga kerap mensosialisasikan biosecurity atau penyemprotan disinfektan ke kandang hewan ternak.

Pihaknya berharap, dengan penandaan dan pendataan secara digital ini dapat mendukung optimalisasi antisipasi PMK. Termasuk pelaksanaan, pengendalian, dan pencegahan perluasan kejadian PMK di lapangan.

Baca Juga: Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Pasuruan Atasi PMK

"Dimanapun ternak itu pindah alur distribusi, petugas teknis  di masing-masing Kabupaten/Kota bisa menscan barcode lewat androidnya, sehingga bisa diketahui asal hewan tersebut darimana, sudah vaksin atau belum untuk penuntasan wabah PMK di Indonesia khususnya di Bangkalan," pungkasnya.  wah

 

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU