Pembangunan Jalan Tol Probolinggo Banyuwangi Resmi Dimulai

author surabayapagi.com

- Pewarta

Rabu, 08 Feb 2023 12:42 WIB

Pembangunan Jalan Tol Probolinggo Banyuwangi Resmi Dimulai

i

Menteri PUPR M. Basuki Hadimuljono (tengah) beserta jajarannya dalam acara groundbreaking mulainya pembangunan Jalan Tol Probolinggo-Banyuwangi, Senin (6/2/2023). Foto: Jasa Marga.

SURABAYAPAGI.COM, Probolinggo - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) resmi memulai pembangunan ruas Jalan Tol Probolinggo-Banyuwangi (Probowangi). Hal itu ditandai dengan peletakan batu pertama di Kelurahan Pendil, Kecamatan Suko, Kabupaten Probolinggo, Senin (6/2/2022).

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, Jalan Tol Probowangi merupakan salah satu fokus utama Presiden Joko Widodo. Hal tersebut dikarenakan menjadi akhir dari rangkaian Jalan Tol Trans Jawa.

Baca Juga: PUPR Bangun Bendungan Pertama di Sulbar, Dukung Program Ketahanan Pangan dan Air

”Ini bagian akhir tol trans-Jawa yang tersambung dari ujung barat hingga ujung timur Pulau Jawa,” kata Basuki, Senin (6/2/2023).

Basuki menuturkan tol tersebut semakin melancarkan distribusi orang, barang, dan jasa. Khususnya distribusi mulai dari Banten hingga Banyuwangi yang akan menjadi roda penggerak perekonomian masyarakat.

Lebih lanjut, ia menambahkan bahwa Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol (PPJT) Probolinggo-Banyuwangi sebenarnya sudah dilakukan antara pihaknya dengan PT. Jasamarga Probolinggo Banyuwangi (JPB) sejak 2017. Hanya saja, terdapat beberapa kendala yang memaksa pembangunan harus tertunda.

“PPJT Probolinggo-Banyuwangi sudah dilaksanakan sejak 2017 lalu. Hari ini (Senin) kita mulai kembali untuk yang sudah siap secara teknis dengan nilai investasi sebesar Rp10,7triliun, yakni ruas Probolinggo-Besuki," ujarnya.

Baca Juga: Jokowi di Manado, Pesan Chicken Nugget

Basuki berharap pembangunan tol tersebut bisa selesai dengan cepat dan tentunya kualitas jalan wajib bagus sehingga tol segera dapat dimanfaatkan oleh masyarakat.

"Untuk targetnya paling lambat Oktober 2024 akan rampung, tapi saya minta dipercepat dan panjangnya diperpanjang. Proyek Jalan Tol Probolinggo-Banyuwangi ini tetap harus dikerjakan dengan sungguh-sungguh, tidak hanya cepat, mutu dari infrastrukturnya harus terbaik," tuturnya.

Pembangunan Jalan Tol Probolinggo-Banyuwangi terbagi menjadi dua tahap, Tahap pertama, menghubungkan Probolinggo-Besuki sepanjang 49,68 Km, dan Tahap kedua, menghubungkan Besuki-Banyuwangi sepanjang 125,72 Km.

Baca Juga: Tak Peduli Aturan, Anggota BPD Ikut Garap Proyek Ipal Komunal Desa Dalegan Senilai Rp 500 Juta

Adapun pembangunan tahap I terbagi atas tiga paket pekerjaan konstruksi. Yakni, paket 1 Gending–Kraksaan (12,88 km) dengan progres pembebasan lahan 92,02 persen. Kemudian, paket 2 Kraksaan–Paiton (11,20 km) dengan progres pembebasan lahan 89,67 persen dan paket 3 Paiton–Besuki (25,60 km) dengan progres pembebasan lahan 28,48 persen.

Sebagai informasi Jalan tol Probowangi ruas Probolinggo–Besuki dapat memangkas waktu tempuh Probolinggo–Besuki. Waktu tempuh yang biasanya sekitar 1 jam 15 menit bisa terpangkas hingga 30 menit dengan kecepatan rata-rata 80–100 kilometer per jam. prb

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU