Pembangunan Rutilahu oleh TNI AL di Akan Dikembangkan

Bupati, Wabup dan Komandan Lantamal V melihat rumah yang baru direnovasi. SP/MUHAJIRIN KASRUN

SURABAYAPAGI.COM, Lamongan -  Pembangunan rumah tidak layak huni (rutilahu) yang direnovasi menjadi rumah tinggal layak huni oleh TNI AL kerjasama dengan  Pemerintah Provinsi Jawa Timur, akan terus dikembangkan  di Lamongan agar mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat wilayah pesisir Pantai Utara (Pantura).

Hal itu disampaikan oleh bupati Yuhronur Efendi dalam acara Penutupan Kegiatan Karya Bakti TNI AL Tahun 2021 Program Renovasi Rumah Tidak Layak Huni (Rutilahu) di Desa Labuhan Kecamatan Brondong Kabupaten Lamongan Kamis (6/1/2022).

Disebutkan nya program ini sangat strategis dan beriringan dengan program Pemerintah Kabupaten Lamongan dalam pengentasan kemiskinan. Apalagi daerahnya 

menjadi salah satu proyek percontohan nasional pengentasan kemiskinan ekstrem di Jawa Timur, dan salah satu kegiatan agar kemiskinan segera terentaskan adalah melalui program Rutilahu, untuk itu program ini akan terus dikembangkan.

Bupati yang biasa dipanggil pak Yes ini juga menyampaikan, agar kedepannya program-program semacam ini untuk terus dilakukan. Karena selain bermanfaat untuk masyarakat juga mendorong masyarakat untuk mengembangkan potensi yang dimiliki desanya. 

Ia lalu menjabarkannya banyak sektor tumbang akibat pandemi Covid-19, beberapa diantaranya yakni sektor ekonomi dan pariwisata. Untuk itu Pemerintah Kabupaten Lamongan melakukan berbagai upaya dalam membangkitkan dan mengembangkan UMKM diantaranya melalui gerakan #ayobeliproduklamongan #ayoditumbasi. Sementara di sektor pariwisata melalui gerakan #ayodolennanglamongan dan pengembangan desa wisata salah satunya yakni Pantai Kutang yang ada di Desa Labuhan.

Komandan Lantamal V, Laksamana Pertama TNI Yoos Suryono Hadi dalam kesempatan tersebut mengungkapkan apresiasinya atas respon positif dan sambutan yang baik dari jajaran pemerintahan dan masyarakat. Sehingga kegiatan renovasi Rutilahu dapat terlaksana sesuai dengan rencana.

"Pada tahun 2021 telah dilaksanakan renovasi rumah tidak layak huni menjadi layak huni sebanyak 132 rumah yang tersebar di beberapa daerah dan 35 diantaranya ada di Kabupaten Lamongan ini. Kami turut berterima kasih atas kerjasama baik dari masyarakat Desa Labuhan dan Pemkab Lamongan sehingga program ini tuntas sesuai rencana," ucap Laksamana Yoos Suryono.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut, Kadis Perikanan dan Kelautan Jatim, Dyah Wahyu Ermawati, Wabup Lamongan Abdul Rouf, Kapolres AKBP Miko Indrayana, Dandim 0812 Letkol Kav Edi Siswanto Yusuf dan Kepala OPD terkait. jir