Pembentang Poster saat Kunjungan Presiden Dipulangkan oleh Polres Blitar Kota

author surabayapagi.com

- Pewarta

Rabu, 08 Sep 2021 15:54 WIB

Pembentang Poster saat Kunjungan Presiden Dipulangkan oleh Polres Blitar Kota

i

Kapolres Blitar Kota AKBP Yudhi Hery Setyawan serta Dandim 0808 Blitar saat memberikan keterangan. SP/Hadi Lestariono

SURABAYAPAGI.COM, Blitar - Seorang pria yang diamankan oleh polisi ketika kunjungan Presiden ke Blitar (7/9) kemarin akhirnya dipulangkan.

Hal tersebut seperti yang disampaikan oleh Kapolres Blitar Kota AKBP dr Yudhi Hery Setyawan S.IK M.Si pada wartawan Rabu (8/9) siang  di ruang tamu. Ia membenarkan bahwa S yang membentangkan poster saat kunjungan presiden, setelah diklarifikasi, S langsung dipulangkan hari itu juga.

Baca Juga: Perbedaan Jokowi dan Muhaimin, Peringati Hari Kartini

"Betul telah kita pulangkan yang bersangkutan, setelah kami klarifikasi dan kami wawancarai, yang bersangkutan langsung kami pulangkan," kata Kapolres Blitar Kota, AKBP Yudhi Hery Setiawan, saat berdampingan dengan Komandan Kodim 0808 Blitar Letkol Inf Didin Nasrudin Darsono M Han didampingi Kasi Humas Iptu M Richan SH dan Kasat Reskrim AKP Momon Suprapto SH.

Selain itu Pamen Polisi yang murah senyum ini meluruskan mengenai informasi yang beredar di masyarakat atas  kejadian itu, AKBP Yudhi meluruskan bahwa Polres Blitar Kota itu tidak melakukan penangkapan terhadap S, pihaknya hanya mengamankan seseorang yang kemudian dibawa ke Polres Blitar Kota, karena disana banyak masyarakat yang menyambut Presiden.

"Yang perlu kami luruskan disini tidak ada penangkapan yang dilakukan Polres Blitar Kota, kami hanya mengamankan seseorang, tujuannya untuk mengecek identitas yang bersangkutan termasuk klasifikasi," terang AKBP Yudhi di depan wartawan.

Selanjutnya orang nomor satu di Polres Blitar Kota ini mengatakan, dari hasil klarifikasi, bahwa pria yang diamankan berinisial S adalah seorang peternak di wilayah Kabupaten Blitar. Polisi, setelah pihaknya  mengklarifikasi hal itu kepada kelompok peternak ayam yang ada di wilayah Kabupaten Blitar.

"Juga kami klarifikasi kepada kelompok peternak, apakah benar yang bersangkutan (S) bagian dari kelompok, dan ternyata benar. Setelah itu yang bersangkutan kami pulangkan. Jadi tidak ada Polres Blitar Kota melakukan penangkapan dan penahanan," jelas AKBP Yudhi. 

Baca Juga: Siswi TK Meninggal Dunia saat Bermain Hujan-hujanan di Depan Rumah

Dikatakan pula polisi bersama TNI juga sudah memfasilitasi aspirasi yang bersangkutan, dan Kapolres Blitar Kota bersama Dandim bertemu dengan Bupati Blitar untuk menyampaikan aspirasi peternak.

Disisi lain Komandan Kodim 0808/Blitar, Letkol Inf Didin Nasrudin Darsono mempertegas tentang pengamanan kunjungan Presiden Joko Widodo, khususnya pada tamu VVIP sudah sesuai protap.

Satuan wilayah baik TNI, Polri dibantu unsur dari pemerintah daerah sudah melakukan pengamanan sesuai SOP dan selalu konsultasi ke Paspampres, Protokol dan Sekmil Kepresidenan.

"Sudah kami komunikasikan dan kami semua melakukan pengecekan dalam rangka pengamanan," tegas Letkol Didin Nasrudin.

Baca Juga: Jokowi Uber China Rampungkan Kereta Cepat Jakarta-Surabaya

Intinya, terang Letkol Didin panggilan akrabnya, yang dikehendaki dalam kegiatan pengamanan Presiden yaitu, satu tetap melakukan kegiatan pengamanan kunjungan Presiden, namun penekanannya tetap membuat nyaman bagi masyarakat yang menyambut kedatangan Presiden.

“Untuk itu kami seluruh satuan Pengamanan melakukan solusi kegiatan pengamanan agar tetap smooth, masyarakat tetap bisa melihat wajah pimpinan negara meski dengan keterbatasan waktu saat melintasi jalan maupun saat memasuki obyek," pungkas Letkol Didin Nasrudin mengakhiri pertemuan. Les

 

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU