Pemberi Gratifikasi Dibebaskan Pengadilan

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 31 Agu 2021 20:58 WIB

Pemberi Gratifikasi Dibebaskan Pengadilan

i

Samin Tan.

Gratifikasi oleh Swasta Belum Diatur UU

 

Baca Juga: Dibebaskan, Aktivis HAM yang Lawan Penguasa

 

SURABAYAPAGI.COM, Jakarta- Majelis hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor), Jakarta Pusat menyatakan, terdakwa Samin Tan, swasta, tak bisa dipidana dalam kasus pemberi gratifikasi. Mengingat sampai kini, gratifikasi oleh swasta belum diatur dalam undang - Undang Tindak Pidana Korupsi (Tipikor).

Secara hukum yang baru diatur adalah pegawai negeri atau penyelenggara negara yang tidak jujur dan tidak melaporkan kepada KPK.

"Tindakan pemberi gratifikasi belum diatur dalam UU Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana telah diubah dengan UU 20 Tahun 2001 tentang UU Tipikor," tutur Teguh Santosa.

Sebelumnya Samin dituntut 3 Tahun Penjara. Dalam tuntutan Jaksa KPK, Terdakwa Samin Tan selain dituntut 3 tahun penjara, juga denda sebesar Rp250 juta subsider enam bulan penjara.

"Menyatakan Terdakwa Samin Tan terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana korupsi secara berlanjut," kata Jaksa dalam pembacaan tuntutan di Pengadilan Tipikor, Jakarta Pusat, Senin (16/8).

Samin Tan dalam putusan majelis hakim tidak terbukti menyuap eks Anggota DPR RI Eni Maulani Saragih sebesar Rp5 miliar. Uang suap itu untuk memuluskan dalam Perjanjian Karya Pengusahaan Pertambangan Batubara (PKP2B) Generasi 3 antara PT Asmin Koalindo Tuhup dengan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) di Kalimantan Tengah.

Baca Juga: Terdakwa Gratifikasi Rp 18,9 M Ungkap Kasusnya Dipicu Anaknya

"Menyatakan terdakwa Samin Tan tidak terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana sebagaimana yang ditetapkan baik dalam dakwaan alternatif pertama ataupun dalam dakwaan alternatif kedua," kata Ketua Majelis Hakim Panji Surono di ruang sidang.

Dalam pertimbangan putusan bebas tersebut, Majelis Hakim menilai bahwa Samin tan merupakan korban dari Eni Saragih yang meminta uang dalam membiayai pencalonan suaminya dalam pilkada di Temanggung, Jawa Tengah.

"Menimbang bahwa Eni tidak mempunyai kewenangan untuk mencabut SK no. 31 seterusnya ttg PKP2B PT AKT. Yang punya kewenangan Menteri ESDM. Terdakwa korban pemerasan," kata Hakim Anggota Teguh Santosa.

 

Dikeluarkan dari Penjara/

Baca Juga: Profesor Hukum, Siasati Gratifikasi dengan Lawyer Fee

Jaksa Komisi Pemberantasan Korupsi, Senin kemarin (30/8) melaksanakan putusan majelis hakim yang membebaskan terdakwa kasus korupsi Samin Tan, pemilik PT Borneo Lumbung Energi atau PT BLEM. Sehingga, kini, Samin Tan dikeluarkan dari penjara untuk menghirup udara bebas.

Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri menyebut putusan Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor), Jakarta Pusat bernomor37/Pid.Sus/TPK/2021/PN. Jkt.Pst tanggal 30 Agustus 2021.

"Untuk itu, sesuai ketentuan maka tim jaksa KPK saat ini telah mengeluarkan terdakwa dari Rumah Tahanan Negara Polres Metro Jakarta Pusat," kata Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri dikonfirmasi, Senin (30/8/2021).

Meski begitu, Ali menegaskan bahwa Jaksa KPK kini tengah menyiapkan upaya banding. Apalagi, Jaksa KPK kini tengah menyusun memori Kasasi untuk nantinya akan diserahkan kepada Mahkamah Agung. n jk, erc

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU