Pembinaan ASN Program Bangga Kencana Bagi Penyuluh KB

author surabayapagi.com

- Pewarta

Rabu, 14 Okt 2020 21:21 WIB

Pembinaan ASN Program Bangga Kencana Bagi Penyuluh KB

i

Penguatan Program Bangga Kencana bagi Penyuluh KB terus digencarkan oleh Perwakilan BKKBN Prov Jawa Timur di Pendopo Kabupaten Sumenep.SP/Patrik Cahyo

SURABAYAPAGI, Surabaya - Penguatan Program Bangga Kencana bagi Penyuluh KB terus digencarkan oleh Perwakilan BKKBN Prov Jawa Timur, yang mana kali ini bertempat di Pendopo Kabupaten Sumenep.

Kegiatan dibuka dengan sambutan dari Plt. Kepala DP3AKB Kab Sumenep, Moh. Kadarisman. Dalam sambutannya beliau mengatakan bahwasannya Penyuluh KB dipandang perlu untuk mendapatkan pembekalan leadership dan kompetensi dalam pengembangan Program Bangga Kencana di masa depan. Kabupaten Sumenep dengan jumlah PKB 25 orang yang tersebar di 27 Kecamatan memiliki rasio 1 : 14, hal ini sangat jauh dari kata ideal yang mana seharusnya 1 orang PKB memiliki wilayah binaan 2 desa.

Baca Juga: BKKBN Jatim Ajak Insan Pers dan Mahasiswa Unitomo Perangi Stunting

Kepala Perwakilan BKKBN Prov Jatim, Drs. Sukaryo Teguh Santoso, M.Pd., mengatakan bahwasannya Jawa Timur memiliki jumlah penyuluh KB terbanyak di Indonesia, akan tetapi kenyataannya masih banyak kekurangan tenaga penyuluh di beberapa tempat seperti halnya Sumenep. Beliau juga menegaskan bahwasannya program Bangga Kencana harus terus berlanjut di lini lapangan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Baca Juga: Diselenggarakan dengan Meriah BKKBN Jatim Luncurkan Program 1 Juta Telur

Bupati Sumenep, KH. Abuya Busyro Karim, M.Si, turut hadir dalam kegiatan ini. Dalam sambutannya disampaikan "Penyuluh KB tidak bisa berjalan sendiri, harus berkolaborasi dengan kecamatan dan bidan agar masyarakat mau mendengar. Bagaimana menyampaikan kualitas keluarga dan anak agar mudah diterima.

Fenomena pengasuhan anak sangat berpengaruh dalam penentuan masa depan anak, yang mana anak-anak kita inilah yang nantinya akan menjadi penerus bangsa", tambah KH. Abuya Busyro Karim, M.Si.

Baca Juga: Gelar Evaluasi dan Pembinaan Kader BKR, Bupati Mojokerto Minta Orang Tua Dapat Dampingi Remaja Sesuai Zaman

Diharapkan dengan adanya kegiatan Penguatan Program Bangga Kencana ini akan menambah semangat Penyuluh KB dalam menggelorakan Program Bangga Kencana di lini lapangan. Pat

Editor : Mariana Setiawati

BERITA TERBARU