Pemerintah Anggarkan Penyaluran KUR Rp253 Triliun Tahun Ini

author surabayapagi.com

- Pewarta

Jumat, 09 Apr 2021 11:42 WIB

Pemerintah Anggarkan Penyaluran KUR Rp253 Triliun Tahun Ini

i

Kredit Usaha Rakyat (KUR). SP/ JKT

SURABAYAPAGI.com, Jakarta - Pemerintah akan memberikan subsidi suku bunga KUR 3 persen yang dari awalnya 6 persen hingga akhir tahun ini. Penerima baru maupun debitur KUR dengan kolektabilitas 1 atau 2 pada masa penagihan subsidi bunga, mendapatkan tambahan subsidi bunga KUR sehingga hanya dibebankan 3 persen, sampai dengan 30 Juni 2021,

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan hal tersebut adalah upaya dari pemerintah untuk mendukung wirausaha yang memiliki kesulitan mendapatkan modal, khususnya alumni dari program Kartu Prakerja.

Baca Juga: Tiga Menteri Bahas Makan Siang Gratis

“Berdasarkan survei dari kantor PMO Prakerja, bahwa tantangan utama bagi usahawan adalah terkait dengan permodalan, dan kemudian tentunya kami lihat permodalan ini salah satunya melalui pinjaman yaitu kredit usaha rakyat (KUR),” katanya, Jumat (9/4/2021).

Baca Juga: Menko Airlangga: Justru Stabilitas Ekonomi Terjadi karena Adanya Pemilu

Sementara, kata Airlangga, sebelumnya realisasi KUR 2020 mencapai 104 persen atau Rp198 triliun dari Rp190 triliun. Namun kini pemerintah menganggarkan penyaluran KUR sebesar Rp253 triliun pada tahun 2021 ini, dengan jumlah nasabah mendekati 6 juta nasabah.

Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) tersebut juga mengatakan pemerintah sedang melakukan review untuk menjadikan program KUR dengan besaran Rp100 juta agar dijadikan bebas jaminan atau agunan.

Baca Juga: Megaproyek Koridor Cincin Nusantara Diklaim Bisa Genjot Perekonomian Nasional RI

Ia mengingatkan bahwa KUR bukan merupakan bantuan sosial (bansos), sehingga mesti dibayar.  “Nah, sekarang bunganya disubsidi pemerintah 3 persen, tentu ke depan pemerintah akan terus berupaya agar bunganya terus ditekan dan kami berharap bahwa dengan semakin banyaknya alumni bisa jadi pengusaha tangguh,” katanya. Dsy16

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU