Pemerintah Desa Dukuhsari Jabon Lakukan Pengeboran, Atasi Kekurangan Air Sawah

author surabayapagi.com

- Pewarta

Senin, 23 Mei 2022 11:05 WIB

Pemerintah Desa Dukuhsari Jabon Lakukan Pengeboran, Atasi Kekurangan Air Sawah

i

Pengeboran yang dilakukan di Jabon.

SURABAYAPAGI, Sidoarjo- Desa Dukuhsari Kecamatan Jabon Kabupaten Sidoarjo yang merupakan salah satu Desa yang memiliki persawahan yang luas dan cukup produktif untuk para petani, dimana setiap tahun yang biasanya bisa bercocok tanam untuk padi 3 atau 4 kali di musim hujan karena airnya tersedia.

 Namun di saat musim kemarau para petani mengalami kesulitan air untuk dialirkan ke sawah sehingga banyak sawah terbengkalai tidak bisa ditanami padi karena masalah air tersebut.

Baca Juga: Rekapitulasi Hasil Pemilu, TPS 8 Desa Dukuhsari Jabon Tetap Kondusif Meski Lelah Begadang Semalaman

Kepala Desa Dukuhsari Kecamatan Jabon Kabupaten Sidoarjo Ikhwan Widodo.SE melakukan terobosan dengan mencari solusi untuk mengatasi kesulitan air dimusim kemarau untuk para petani. Salah satu solusi adalah dengan melakukan pengeboran dengan target 10 titik untuk 4 Dusun persawahan yang ada diwilayah Desa Dukuhsari yaitu Dusun Dukuhsari, Dusun Tebuseren, Dusun Karang Pakis dan Dusun Klue.

Baca Juga: Apel Siaga Linmas dalam Rangka Pemilu 2024 di Kecamatan Jabon

Selain melakukan pengeboran, Pemerintah Desa Dukuhsari juga akan menyediakan 4 unit mesin Diesel penyedot air untuk ke empat Dusun tersebut sehingga kebutuhan air untuk sawah petani dimusin kemarau bisa teratasi. Menurut Ikhwan Widodo. SE, Solusi pengeboran di 10 titik tersebut menggunakan anggaran ( DD) Dana Desa dimana pelaksana proyek Pengeboran sumber air untuk sawah petani adalah saudara Mi'an warga asli Dukuhsari Kecamatan Jabon Kabupaten Sidoarjo, sehingga asas pemanfaatan secara swakelola anggaran dana desa sesuai dengan tujuan Pemerintah tepat sasaran.

Pengeboran awal ke 10 titik dimulai Senin (23/5'2022) disaksikan langsung oleh Kepala Desa Dukuhsari Ikhwan Widodo, SE didampingi Kasun Tebuseren Cak Paijo dan Kasun Dukuhsari 1 Intan Prihartini, S. Pd.

Baca Juga: Desa Kedungcangkring Juara I, Raih Hadiah 1 Unit Mobil Pickup dan Uang Rp 100 Juta

Kedalaman untuk mendapatkan air yang cukup untuk sumur bor menurut cak Mi'an sekitar 20 m - 23 m karena kalau terlalu dalam airnya kurang bagus untuk dialiri sawah. Semoga dengan adanya 10 sumber air sumur bor serta 4 unit mesin diesel tersebut bermanfaat untuk para petani dimusim kemarau sehingga musim tanam padi tidak terkendala dengan kekurangan air lagi sehingga hasil panen bisa dimaksimalkan lagi pungkas Kades Dukuhsari Ikhwan Widodo, SE. hik

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU