Pemerintah Kabupaten Pasuruan Tingkatkan Perekonomian Peternak

author surabayapagi.com

- Pewarta

Kamis, 30 Nov 2023 15:20 WIB

Pemerintah Kabupaten Pasuruan Tingkatkan Perekonomian Peternak

i

Pj Bupati Pasuruan Adriyanto saat menyerahkan bantuan kepada peternak di hotel royal tretes view kecamatan Prigen. SP/ RIS

SURABAYAPAGI.com, Pasuruan - Untuk meningkatkan kesejahteraan para peternak yang banyak tersebar di wilayah pengembangan peternakan, Pemerintah Kabupaten Pasuruan secara intens memberikan pendampingan. Baik yang dilakukan secara edukatif melalui Bimbingan teknis (Bimtek) maupun berupa pemberian bantuan bersifat stimulan. Seperti halnya dalam kegiatan yang dilaksanakan di Hotel Royal Tretes View, Kecamatan Prigen Kamis (30/11/2023).

Secara simbolis, Penjabat (Pj.) Bupati Pasuruan, Andriyanto menyerahkan beragam bantuan kepada beberapa perwakilan peternak Sapi Perah. Diantaranya, gerobak STMJ SAKERA dan Bakso SAKERA. Ada juga Alat Olahan Susu dan Alat Olahan Daging yang telah disediakan oleh Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan untuk kemudian diberikan kepada para peternak.

"Selamat atas penerimaan bantuan hibah gerobak dan peralatan olahan susu dan daging. Semoga bermanfaat bagi Bapak Ibu sekalian untuk meningkatkan produktivitas hasil peternakan," ujarnya, Kamis (30/11/2023).

Kata Pj. Bupati Pasuruan, pemberian bantuan hibah berupa gerobak STMJ dan Bakso SAKERA  merupakan strategi Pemerintah Kabupaten Pasuruan untuk meningkatkan skill dan kemampuan peternak dalam mengolah hasil peternakannya. Harapannya, penerima manfaat akan menjadi pelopor di daerahnya masing-masing.

"Saya berharap, Bapak Ibu para penerima manfaat bantuan hibah kedepannya bisa menjadi motor penggerak ekonomi melalui usaha kelompok peternak. Atau lembaga dari hulu sampai hilir. Sehingga akan menghasilkan nilai tambah tersendiri yang akan meningkatkan kesejahteraan Bapak Ibu," ucapnya dengan nada optimis.

Di hadapan ratusan peserta Bimtek Olahan Hasil Peternakan yang terdiri dari 19 kelompok/ lembaga penerima manfaat, Pj. Bupati Pasuruan menitipkan beberapa pesan pentingnya. Fokusnya lebih kepada keseriusan penerapan ilmu dari para peserta dalam  menjalankan usahanya. Sehingga dapat membantu mewujudkan visi dan misi Kabupaten Pasuruan yang maju, penuh maslahat.

"Bantuan hibah teknis ini bertujuan untuk meningkatkan nilai tambah produk peternakan. Khususnya daging, telur dan susu. Terlebih Kabupaten Pasuruan adalah sentra peternakan Sapi Perah terbesar di Jatim dengan populasi 90.304 ekor dengan produksi susu 96.385.790 kg/tahun," ujarnya didampingi oleh Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Pasuruan, drh. Ainur Alfiya dan Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Tri Agus Budiharto.

Di penghujung arahannya, Kepala Badan Riset dan Inovasi Daerah (Brida) Provinsi Jawa Timur tersebut menambahkan posisi strategis dan positioning Kabupaten Pasuruan yang telah memiliki sertifikat merek kolektif STMJ SAKERA dan Bakso SAKERA. Sekaligus sebagai pemenang Anugerah Top Inovasi Terpuji Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KOVABLIK) tahun 2023. Sehingga semakin memberikan kebanggaan sekaligus motivasi tersendiri bagi para peternak agar lebih berdaya saing dalam meningkatkan usahanya. ris

 

Editor : Desy P.

BERITA TERBARU