Peminat Skywalk Membludak, Wali Kota Lakukan Seleksi Melalui Kurasi Produk

author surabayapagi.com

- Pewarta

Senin, 06 Mar 2023 17:41 WIB

Peminat Skywalk Membludak, Wali Kota Lakukan Seleksi Melalui Kurasi Produk

i

Wali kota Mojokerto Ika Puspitasari melihat secara langsung proses kurasi produk-produk dagangan calon penghuni lapak Skywalk Alun-Alun Kota Mojokerto, Senin (6/3) sore.

SURABAYAPAGI.COM, Mojokerto - Wali kota Mojokerto Ika Puspitasari melihat secara langsung proses kurasi produk-produk dagangan calon penghuni lapak Skywalk Alun-Alun Kota Mojokerto, Senin (6/3) sore.

Didampingi Kepala Diskopukmperindag Kota Mojokerto, Ani wijaya dan dua chef asal Lamongan, petinggi Pemkot ini melihat satu persatu jenis makanan dan minuman yang ikut seleksi kurasi. Bahkan, Ning Ita sapaan akrab Wali kota tak segan memberikan penilaian terkait cita rasa, harga maupun takaran porsinya.

Baca Juga: Pj Wali Kota Mojokerto Apresiasi Eksistensi dan Peran Kepala OPD Wanita di Hari Kartini

"Sebelum bulan suci Ramadhan, pusat kuliner ini akan kita launching, karenanya sebelum itu  kita lakukan kurasi untuk menentukan produk UKM atau IKM apa saja yang layak untuk diperjual belikan disini nantinya," jelasnya.

Ning Ita menyebut, terdapat 56 stan atau lapak yang disediakan di skywalk, sedangkan jumlah pemohonnya kurang lebih sebanyak 56 pemohon baru dan relokasi dari jalan veteran sebanyak 10 lapak. 

"Sehingga tidak semua peserta akan tertampung. Untuk itu, perlu dilakukan proses kurasi dan bagi panjenengan yang belum bisa lolos, jangan berkecil hati," pesannya.

Wali kota perempuan pertama di Mojokerto ini juga berpesan kepada para calon pedagang untuk selalu menjaga kebersihan. Agar para pengunjung betah dan tidak kapok berwisata kuliner lagi di Kota Mojokerto.

"Semua yang diperdagangkan disini berpotensi menghasilkan sampah. Untuk itu mohon dijaga kebersihannya biar pengunjung nyaman dan betah berwisata kuliner disini," ujarnya. 

Ia juga meminta kepada seluruh calon penghuni lapak skywalk untuk  aktif melakukan promosi melalui sosial media. Agar pusat kuliner baru ini cepat dikenal dan menjadi jujugan wisatawan saat berkunjung di Kota Mojokerto.

Baca Juga: Kurangi Sampah ke TPA, Bank Sampah dan Budidaya Magot Jadi Prioritas Pj Ali Kuncoro

"Bagi yang lolos kurasi, jangan lupa mainkan keberadaan sosmed untuk mempromosikan tempat ini semasif mungkin biar semakin banyak yang minat datang ke Kota Mojokerto," pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan (Diskopukmperindag) Kota Mojokerto, Ani Wijaya menjelaskan hari ini adalah pertemuan kedua kalinya dengan para calon penghuni lapak skywalk. 

"Syarat dan ketentuan sudah kami sampaikan saat pertemuan pertama, hari ini para calon penghuni lapak diperkenankan membawa contoh produk mamin untuk dilakukan kurasi oleh chef. Dan hasilnya akan kita sampaikan dua hari setelahnya," jelasnya.

Ani menambahkan, dari hasil appraisal, harga sewa kios di patok sebesar Rp 1 juta perbulan sedangkan untuk lapak kontainer dibanderol Rp 750 ribu perbulan.

Baca Juga: Stok PMI Mulai Menipis, Pj Ali Kuncoro Kerahkan Ratusan ASN Ikut Donor Darah Massal

"Untuk kios ada sebagian yang kita split menjadi dua, ini agar bisa menampung lebih banyak lagi pedagang. Dan sewanya kita perkecil menjadi Rp 500 ribu per bulannya," tegasnya.

Masih kata Ani, saat ini pihaknya berupaya untuk menjalin kerjasama dengan perbankan untuk labeling kios, penyiapan nomor meja dan pembayaran melalui Qriss.

"Kami juga saat ini mengupayakan terkait area parkirnya, karena itu bukan kewenangan kami. Secepatnya akan kita komunikasikan dengan Dinas Perhubungan selaku dinas pengampunya," pungkasnya. Dwi

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU