Pemkab Jombang Gelar Apel Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana

Bupati Jombang cek kesiapan pasukan sebagai langkah antisipasi bencana. SP/M Yusuf

 

SURABAYAPAGI.COM, Jombang - Pemerintah Kabupaten Jombang, Jawa Timur menggelar Apel Kesiapsiagaan Pasukan dan Perlengkapan dalam rangka penanggulangan bencana Hidrometeorologi di lapangan Pemkab Jombang pada Kamis (05/11/2020). 

Hal itu sebagai langkah antisipasi dan kesiapsiagaan guna menghadapi fenomena La Nina yang akan mempengaruhi terhadap curah hujan di Indonesia, juga bencana Hidrometeorologi seperti banjir dan tanah longsor. 

Bupati Jombang, Mundjidah Wahab mengatakan bahwa masyarakat agar lebih waspada dan siap siaga. Terutama warga yang berada di kemiringan lebih dari 30 derajat atau kawasan rawan longsor, untuk lebih berhati-hati. 

 "Saya juga meminta warga untuk mengantisipasi adanya pohon yang mudah tumbang atau patah cabangnya, sehingga jangan berada di bawah pohon, serta waspadai tiang listrik yang korsleting dan roboh tertimpa pohon, lebih-lebih di saat hujan lebat yang disertai angin kencang," katanya.

Mundjidah menegaskan, pemda sebagai first responder penanggulangan bencana dan sekretaris daerah, Kepala BPBD Ex-Officio agar terus memperkuat kelembagaan BPBD, menyiapkan dan melatih personil yang handal serta mengalokasikan dan meningkatkan dukungan anggaran yang memadai, termasuk siap pakai bagi penyelenggaraan penanggulangan bencana.

"Gunakan dan manfaatkan anggaran penanggulangan bencana secara optimal sesuai aturan perundangan yang berlaku. Dengan kata lain, jangan takut, tolong segera pelajari, pahami dan implementasikan sesuai peraturan perundang-undangan dalam perencanaan, pelaksanaan anggaran penanggulangan bencana," tegasnya. 

Bupati juga mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada jajaran  BPBD Jombang dan Instansi terkait atas kesungguhan dan kerjasama dan kerja kerasnya dalam pengabdiannya demi kemanusiaan. 

“Kerja keras tersebut menjadi tanggungjawab kita kedepan untuk terus meningkatkan kualitas penyelenggaraan penanggulangan bencana. Semoga apa yang kita lakukan seluruhnya akan memberi manfaat bagi masyarakat, bangsa dan negara, sekaligus membangun semangat kita untuk terus berjuang demi kemanusiaan," pungkasnya. 

Tampak ikut serta dalam apel tersebut Kapolres Jombang, Kasdim 0814, seluruh camat, Danramil, Kapolsek juga kepala OPD. Adapun peserta apel terdiri dari tiga pilar di tingkat desa, Polri, TNI, Dinas Perhubungan, Satpol PP, Relawan Semar, Sendok, Banser, Orari serta Pramuka. suf