Pemkab Kediri Intens Bina Pelaku UMKM Secara Merata

author surabayapagi.com

- Pewarta

Jumat, 26 Feb 2021 14:53 WIB

Pemkab Kediri Intens Bina Pelaku UMKM Secara Merata

i

Salah satu produk home industri Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang digelar dalam pekan Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kediri. SP/ Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Kediri

SURABAYAPAGI.com, Kediri - DPRD Kabupaten Kediri telah setuju terhadap Raperda tentang APBD Tahun Anggaran 2021. Dari aspek legal formal maupun redaksional, Raperda tentang APBD Tahun Anggaran 2021 yang sudah dibahas bersama-sama antara DPRD dan pemerintah daerah telah layak dan memenuhi syarat untuk segera ditetapkan dan disetujui bersama.

“Raperda tentang APBD Kabupaten Kediri Tahun Anggaran 2021 yang sudah disetujui bersama oleh  DPRD hendaknya segera ditindaklanjuti Pemerintah Daerah dengan proses evaluasi Gubernur Jawa Timur” terang Dodi Purwanto.

Baca Juga: Fenomena ‘War Takjil’ Ramadhan Jadi Berkah dan Peluang UMKM Tingkatkan Penjualan

Kabupaten Kediri memiliki sektor ekonomi dari berbagai komoditas seperti pertanian, perkebunan, peternakan, perikanan, dan lain sebagianya.

Sedangkan potensi wisata di Kediri salah satunya, Goa Selomangkleng, pegunungan Wilis, aliran Sungai Brantas, Pemandian Kuwak, dan Dermaga Brantas. Pemerintah sengaja melengkapi objek wisata tersebut dengan arena olah raga, lokasi wisata Pendidikan dan penelitian hingga perkemahan. Dan terbukti pada tahun 2011 lalu salah satunya yaitu kawasan Gunung Kelud dinobatkan sebagai wisata alam terbaik se-Jawa Timur.

Baca Juga: Lia Istifhama: War Takjil Menjadi Momen Tepat Support UMKM

Pemkab Kediri sendiri kerap menggelar produk home industri Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dalam pekan Pariwisata dan Kebudayaan.

Ir Adi Suwignyo Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Kediri mengatakan, dalam pameran akbar UMKM ini berpengaruh besar terhadap perkembangan ekonomi dalam usahanya. Karena transaksi yang dilakukan hingga ratusan juta dan sangat menguntungkan bagi semua usahawan muda Kabupaten Kediri.  Pemkab Kediri harus intens lagi dalam membina pelaku UMKM secara merata.

Baca Juga: Bupati Sumenep Himbau Agar Produk Lokal Dipertahankan

“Pembinaan harus terus dilakukan secara berkelanjutan. Tentunya mereka yang belum pernah ikut pameran akbar di Pekan Budaya dan Pariwisata perlu dirangkul. Ini dimaksudkan agar tidak terjadi jarak, Pemkab Kediri perlu menumbuhkan semangat untuk pelaku UMKM baru dan yang belum pernah ikut pameran,” jelasnya, Jumat (26/2/2021). Dsy11

 

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU