Pemkab Lamongan Biayai Perawatan Rumah Sakit Riyanto Penjaga Perlintasan KA

author surabayapagi.com

- Pewarta

Minggu, 04 Des 2022 16:23 WIB

Pemkab Lamongan Biayai Perawatan Rumah Sakit Riyanto Penjaga Perlintasan KA

i

Riyanto penjaga perlintasan KA yang tengah dirawat menceritakan aksinya saat dibesuk oleh bupati. SP/MUHAJIRIN KASRUN

Sebagai Apresiasi atas Aksi Heroik Menyelamatkan Pengendara Motor dari Tertabraknya KA

 

Baca Juga: Bupati Lamongan Berangkatkan 3 Bus Balik Gratis

SURABAYAPAGI.COM, Lamongan - Pemkab Lamongan memastikan untuk membiayai penuh perawatan Riyanto, penjaga perlintasan Kereta Api (KA) tanpa palang pintu Sumlaran, Sukodadi Lamongan, yang tengah dirawat di rumah sakit, karena mengalami luka pada kakinya usai terjatuh, saat aksi heroiknya menyelamatkan pengguna motor yang nyaris tertabrak KA pada Sabtu (2/12/2022).

Kepastian pemberian biaya penuh perawatan itu disampaikan langsung Direktur RSUD Dr Soegiri dr. Moh. Chaidir Annas, saat mendampingi bupati Yuhronur Efendi, saat menjenguk yang bersangkutan yang dirawat  di RSUD Dr Soegiri, Minggu (3/12/2022).

Disebutkannya seluruh biaya ditanggung Pemerintah Kabupaten Lamongan secara penuh. "Pengobatan pasien atas nama Bapak Riyanto akan ditanggung oleh Pemerintah Kabupaten Lamongan. Bapak Bupati memang menghendaki demikian, Pak Riyanto patut mendapatkan fasilitas itu," ucap Anas.

Anas juga menambahkan bahwa Riyanto kini telah ditangani langsung oleh dokter Adriyanto dengan didiagnosis close fraktur patella dextra dan akan segera dilakukan penanganan Open Reduction Internal Fixation (ORIF) atau sebuah prosedur bedah medis yang tindakannya mengacu pada operasi terbuka untuk mengatur tulang, seperti yang diperlukan untuk beberapa patah tulang pada senin, 5 Desember mendatang.

Baca Juga: 110 ASN Diambil Sumpah, Bupati Pesan Agar Pelayanan Publik Harus Berkualitas

Sementara itu, dalam rekaman CCTV yang beredar luas, terlihat pengendara motor yang melaju ke arah utara tidak mengetahui adanya kereta yang akan melintas, lalu dengan sigap, Riyanto langsung berlari dan berusaha menghentikan. Nahasnya, Riyanto terjatuh dan mengalami luka di kakinya. 

Riyanto (59), merupakan warga Desa Sukodadi Kecamatan Lamongan, yang dalam kesehariannya sebagai penjaga perlintasan kereta api di Desa Sumlaran Sukodadi 

Ditemui usai berkunjung, Bupati Lamongan Yuhronur Efendi berharap kondisi Riyanto semakin baik dan dapat segera sembuh. 

Baca Juga: Lembaga Sosial Terus Diberdayakan Untuk Bisa Turunkan Angka Kemiskinan

"Melihat aksi heroik Pak Riyanto, Saya sangat bangga. Semoga Beliau segera sembuh dan dapat beraktifitas seperti sedia kala," ucapnya. 

Bupati juga mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada masyarakat Lamongan, atas peran aktifnya dalam membantu pemerintah untuk menjaga keselamatan bersama. Bahkan masyarakat Lamongan sukarela membantu menjaga perlintasan. 

"Pemkab Lamongan melalui Dinas Perhubungan berkomitmen dalam meningkatkan keselamatan di perlintasan, dengan membangun palang pintu untuk menekan angka kecelakaan kereta. Oktober lalu kita sudah melihat pembangunan tiga palang pintu KA. Selanjutnya kita tuntaskan tujuh sisanya yang menjadi prioritas, ada 10 yang menjadi prioritas," pungkasnya. jir

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU