Pemkab Madiun Salurkan Pupuk Bersubsidi

author surabayapagi.com

- Pewarta

Rabu, 21 Jul 2021 17:46 WIB

Pemkab Madiun Salurkan Pupuk Bersubsidi

i

Pemberian pupuk subsidi dari Pemkab Madiun kepada petani secara simbolis di Gedung Eka Kapti Puspem Mejayan, Rabu (21)7/2021).

SURABAYAPAGI.COM, Madiun - Pemkab Madiun tengah berupaya meningkatkan hasil pertanian dan ketahanan pangan saat pandemi covid-19. Salah satu upayanya adalah dengan memberikan bantuan pupuk bersubsidi.

Bantuan pupuk bersubsidi diberikan langsung Bupati Madiun H. Ahmad Dawami dan Wakil Bupati Madiun H. Hari Wuryanto kepada para petani secara simbolis di Ruang Rapat Eka Kapti Puspem Mejayan.

Baca Juga: Angka DTKS di Madiun Turun Jadi 348.912 Jiwa

‘’Sekitar 346 ton pupuk NPK plus yang akan diberikan kepada 10.968 petani yang menggarap/memiliki lahan usahatani padi kurang dari 0,199 hektar per musim,’’ terang Ahmad Dawami usai penyerahan pupuk bersubsidi Rabu (21/7/2021).

Dinas Pertanian sudah mencari para penerima pupuk subsidi ini, tentunya sudah ada skala prioritas penerima sangat perlu dibantu. Belum semua petani mendapatkan pupuk bersubsidi karena mengingat kemampuan keuangan daerah. Tapi minimal sudah dapat mengintervensi dalam ketahanan pangan ini dapat tertangani.

Baca Juga: Tekan Harga Pangan, Pemprov Jatim Gelar Gerakan Pangan Murah di Madiun

‘’Pemberian pupuk bersubsidi bermaksud untuk menambah porsi pupuk subsidi yang masuk di e-RDKK, Karena ini dimasa sulit, kita ringankan lah, kalau kita tidak berikan bantuan uang, minimal kita beri bantuan pupuk, sehingga konteksnya sama, artinya biaya yang dikeluarkan oleh petani ini turun sehingga pendapatan petani bisa naik”, jelasnya.

Pembagian pupuk ini bagian dari intervensi terhadap produsi panen. Di masa pandemi ini pertanian harus surplus. Jika hasil panen ini berkurang dan kebutuhan pokok kurang, maka masa sulit ini semakin sulit.

Baca Juga: Operasi Pasar Digencarkan untuk Turunkan Harga Bapok

‘’Kami upayakan petani tidak merugi,’’ katanya.

 

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU