Pemkab Mojokerto Gelontor Proyek Irigasi Pertanian Rp 3,76 Miliar

author surabayapagi.com

- Pewarta

Rabu, 29 Nov 2023 16:59 WIB

Pemkab Mojokerto Gelontor Proyek Irigasi Pertanian Rp 3,76 Miliar

i

Perbaikan irigasi tetap menjadi salah satu fokus pemerintah daerah dalam pembangunan infrastruktur tahun ini. 

SURABAYAPAGI.COM, Mojokerto – Pemkab Mojokerto menggulirkan proyek irigasi pertanian di sejumlah desa. Dengan pagu anggaran Rp 3,76 miliar, enam paket pengerjaan ini bakal mengairi ribuan hektare lahan pertanian.

Kabid Sumber Daya Air (SDA) Dinas PUPR Kabupaten Mojokerto Rois Arif Budiman mengatakan, perbaikan irigasi tetap menjadi salah satu fokus pemerintah daerah dalam pembangunan infrastruktur tahun ini. 

Baca Juga: Monitoring Pemilu Serentak 2024, Bupati Ikfina Tinjau 3 TPS

Dengan irigasi yang apik, diharapkan bakal berdampak positif pada pertanian. ’’Rehabilitasi saluran irigasi itu mendukung ketahanan pangan. Kita memperbaiki dam, bendung dan saluran-saluran yang rusak sehingga tetap terjaga tingkat layanan irigasinya,’’ ungkapnya.

Tahun ini, terdapat enam paket pengerjaan fisik untuk rehabilitasi daerah irigasi dengan pagu anggaran Rp 3,76 miliar. Di antaranya, rehabilitasi daerah irigasi di Desa Wonokusumo dengan pagu Rp 1,4 miliar, rehabilitasi saluran irigasi Desa Randubango, Kecamatan Mojosari Rp 87 juta, rehabilitasi saluran irigasi Dusun Belahan Rp 178 juta, rehabilitasi daerah irigasi Sukoanyar Rp 623 juta, rehabilitasi daerah irigasi Sumberkembar Rp 624 juta, serta rehabilitasi daerah irigasi Tamansari dengan pagu Rp 818 juta.

Baca Juga: Pemilu 2024, Bupati Ikfina Nyoblos di TPS 02 Desa Tampungrejo

Dari sejumlah paket tersebut, ada sejumlah pengerjaan fisik yang dilakukan. Di antaranya, pekerjaan bangunan bendung 6 buah, pekerjaan bangunan sadap 4 buah, pekerjaan pintu air 13 buah, dan pekerjaan saluran capai 400 meter.

 ’’Dari beberapa kegiatan ini, akan berdampak dan bermanfaat untuk mengairi luasan lahan pertanian capai 1.216 hektare,’’ tuturnya.

Baca Juga: Bupati Ikfina Pantai Pemberangkatan Distribusi Logistik Pemilu 2024

Rois menegaskan, peningkatan dan rehabilitasi irigasi ini untuk meningkatkan hasil pertanian dari penyediaan infrastruktur yang optimal. Dwi

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU