Pemkab Nganjuk Alihkan Sistem Lelang Penunjukkan Langsung ke e-Katalog

author surabayapagi.com

- Pewarta

Kamis, 04 Mei 2023 10:28 WIB

Pemkab Nganjuk Alihkan Sistem Lelang Penunjukkan Langsung ke e-Katalog

i

Bupati Nganjuk H Marhaen Djumadi.

SURABAYAPAGI.COM, Nganjuk – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nganjuk akan memanfaatkan penggunaan katalog elektronik (e-katalog) dalam proses pengadaan barang/jasa melalui mekanisme e-purchasing. Hal tersebut seiring dengan kebijakan baru yang menunjang proses pengadaan pemerintah secara digital.

Bupati Nganjuk, H Marhaen Djumadi mengatakan, sistem e-katalog bertujuan untuk mendorong organisasi pemerintah baik pusat maupun daerah agar dapat bertransformasi memotong rantai birokrasi dan memudahkan prosedur.

Baca Juga: Ribuan Buruh Rokok SKT Ucapkan Terimakasih ke Jokowi Lewat Bayu Airlangga

Selain itu, perubahan mekanisme pengadaan barang/jasa bertujuan agar organisasi lebih responsif, transparan dan accessible sehingga terjadi check and balance.

"Ekonomi Nganjuk harus bisa digulirkan dengan orang Nganjuk sebagai subjeknya. Komitmen kami yakni APBD untuk rakyat, maka ada peralihan beberapa jenis pengadaan barang dan jasa yang dulu Penunjukan Langsung (PL) atau lelang, dan sekarang semuanya diarahkan ke e-katalog," kata Marhaen, Rabu (3/5/2023).

Dengan adanya e-katalog lokal, Marhaen berharap para penyedia barang dan jasa dapat mengangkat produk asli Nganjuk.

Demikian sebaliknya, para PPTK dan PPKOM diimbau untuk membeli produk asli Nganjuk sebagai wujud bangga produk buatan Nganjuk.

Baca Juga: Gubernur Khofifah Resmikan Pasar Baru Kertosono Nganjuk

"Di dalam e-katalog lokal ini jangan sampai menyalahi peraturan perundang-undangan. Maka harus bangga produk Nganjuk jangan sampai orang Nganjuk tetapi produksinya bukan dari Nganjuk," tegasnya.

Ia menilai, adanya e-katalog lokal harus bisa dimanfaatkan Bersama oleh berbagai pihak.

"Misalnya untuk PPKOM dan juga adminnya tidak sekedar nge-klik, namun petugas administrasi harus paham betul konstruksi hukum secara jelas, termasuk kronologisnya juga harus jelas," terangnya.

Baca Juga: Sholawat Kebangsaan bersama Gus Ali dan Mafia Sholawat Nganjuk

Maka dari itu, pihaknya menekankan bagaimana cara berbelanja di e-katalog lokal dengan baik dan bijak. Yakni memilih barang atau jasa yang dibutuhkan melalui e-katalog lokal berkualitas dan bermutu.

"Jangan memilih harga yang murah saja, tetapi juga memperhatikan kualitasnya. Nganjuk harus bisa membangun kualitasnya. Mari kita bangun budaya mutu dan produk lokal Nganjuk berkualitas," pungkasnya. ngj

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU