Pemkab Pamekasan Gelar Lomba dan Pameran Cagar Budaya

author surabayapagi.com

- Pewarta

Senin, 14 Nov 2022 20:26 WIB

Pemkab Pamekasan Gelar Lomba dan Pameran Cagar Budaya

SURABAYAPAGI.COM, Pamekasan - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan, menggelar aneka perlombaan tentang cagar budaya tingkat PAUD hingga sekolah menengah (SMP) di wilayah setempat, Senin (14/11/2022).

Perlombaan yang digagas Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Pamekasan, digelar sebagai rangkaian Hari Jadi (Harjad) Ke-492 Kabupaten Pamekasan, digelar selama tiga hari kedepan, terhitung mulai hari ini hingga Rabu (16/11/2022) mendatang.

Baca Juga: Madura Sumbang 30 Persen Populasi Sapi di Jatim

“Terdapat sebanyak 233 orang ikut serta dan berpartisipasi pada lomba cagar budaya ini, meliputi 16 peserta lomba miniatur perahu, 22 peserta cerdas cermat cagar budaya, 87 peserta lukis cagar budaya,” kata Kepala Disdikbud Pamekasan, Akhmad Zaini.

Bahkan dari beragam perlombaan tersebut, nantinya para juara akan menjadi delegasi Pamekasan, untuk kembali berkompetisi pada ajang tingkat regional Jawa Timur.

“Peraih juara lomba lukis dan cerdas cermat tingkat SMP, nanti akan kita sertakan pada ajang tingkat provinsi,” ungkapnya.

“Dari itu kami mohon doa restu kepada seluruh masyarakat Pamekasan, khususnya para guru maupun wali murid. Mudah-mudahan nantinya kabupaten Pamekasan, bisa menjadi yang terbaik,” harapnya.

Baca Juga: Disperindag Pamekasan Fasilitasi Perijinan Pelaku IKM

Menurutnya, kegiatan itu dimaksudkan untuk menumbuhkan rasa cinta para pemuda dan kaum pelajar di Pamekasan terhadap nilai sejarah dan kebudayaan. 

Karena cinta terhadap budaya akan memperkokoh rasa cinta terhadap agama, bangsa dan negara.

"Kita perlu pahami bahwa kita hidup di tiga dimensi, dimensi masa lalu, dimensi masa kini, dan dimensi masa depan. Kehidupan masa kini adalah representasi masa lalu. Kalau ada orang mengatakan masa depan itu seperti apa, ya bagaimana keadaanmu hari ini," jelasnya.

Baca Juga: Pemkab Pamekasan Gelar Sosialisasi Pengembangan Bawang Merah

Penuturan dia, tiga dimensi itu tidak bisa dilepaskan dalam menata kehidupan di masa yang akan datang. 

Sehingga, kegiatan yang dapat mendorong rasa cinta terhadap budaya perlu digalakkan.

Untuk diketahui, ajang lomba cagar budaya tersebut, secara resmi dibuka oleh Bupati Pamekasan, Badrut Tamam, bersama Kepala Disdikbud Pamekasan, Akhmad Zaini. Dihadiri sejumlah kepala sekolah, hingga para undangan dari unsur Organisasi Perangkat Daerah (OPD) setempat.

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU