Pemkab Pasuruan Berikan Pelatihan Ibu Rumah Tangga Pembuatan Kerajinan Tangan

author surabayapagi.com

- Pewarta

Kamis, 23 Feb 2023 16:13 WIB

Pemkab Pasuruan Berikan Pelatihan Ibu Rumah Tangga Pembuatan Kerajinan Tangan

i

Ibu-ibu rumah tangga di kecamatan beji kabupaten Pasuruan saat mengikuti pelatihan pembuatan kerajinan tangan.

SURABAYAPAGI.COM, Pasuruan - Setiap ramadhan atau menjelang lebaran, pernak-pernik di atas meja yang akan disuguhkan ke tamu selalu banyak dicari.

Salah satunya adalah tudung saji, tempat minum, tutup kue sampai tissue.

Baca Juga: Pemkab Pasuruan Anggarkan Rp 24 Miliar

Momen itulah yang ditangkap oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Pasuruan untuk melatih para ibu rumah tangga agar bisa membuatnya.

Seperti yang terlihat di Aula Kecamatan Beji, Kamis (23/02/2023). Puluhan ibu-ibu dari beberapa desa di Kecamatan Beji sangat antusias mengikuti Workshop pelatihan keterampilan pengembangan perpustakaan berbasis inklusi sosial tahun 2023.

Pelatihan tersebut dibuka oleh Anggota DPRD Kabupaten Pasuruan dari Fraksi PKB,  Samsul Hidayat dan dihadiri oleh Camat Beji, Wijaya Sugianto serta Kabid Perpustakaan, Siti Asih.

Baca Juga: Pemkab Pasuruan Beri Toleransi ASN yang Mudik Luar Daerah

Menurut Siti, tujuan digelarnya pelatihan tak lain untuk memberikan motivasi kepada masyarakat agar gemar membaca. Sehingga hasil yang telah dibaca dapat dikejawantahkan dalam sebuah usaha yang bernilai tambah.

"Ujungnya adalah memberdayakan masyarakat itu sendiri. Dalam hal ini ibu-ibu rumah tangga yang bisa membantu meningkatkan perekonomian keluarga. Kalau sudah begitu,untuk meningkatkan pendapatan keluarga sudah pasti akan bisa dilakukan," kata Siti di sela-sela acara.

Dijelaskannya, program workshop pelatihan keterampilan pengembangan perpustakaan berbasis inklusi sosial ini sudah dilaksanakan sejak tahun 2022. Dan untuk tahun ini, pelatihan yang sama akan digelar selama 15 kali dengan target sasaran peserta dari kecamatan satu ke kecamatan lainnya.

Baca Juga: BNPB Salurkan Rp 150 Juta Bantuan untuk Kabupaten Pasuruan

Harapannya, selesai pelatihan, peserta bisa mempraktekkannya di rumah dan bisa memulai untuk berbisnis jikalau produk yang dibuatnya diminati banyak orang.

"Pelatihan hari ini adalah yang kedua. Dan rencananya tahun ini akan kita gelar selama lima belas kali," singkatnya. ris

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU