Pemkab Pasuruan: Dana DBHCHT Untuk Pemeliharaan Jalan Berkala

author surabayapagi.com

- Pewarta

Minggu, 11 Sep 2022 15:35 WIB

Pemkab Pasuruan: Dana DBHCHT Untuk Pemeliharaan Jalan Berkala

i

Wabup Gus Mujib kawal pemeliharaan jalan berkala

SURABAYAPAGI.COM, Pasuruan - Wakil Bupati Pasuruan, KH Abdul Mujib Imron (Gus Mujib) intens mengawal proyek perbaikan jalan-jalan yang mengalami kerusakan di sejumlah titik di Kabupaten Pasuruan.

Seperti yang terlihat di Pendopo Kecamatan Purwosari, Jumat (09/09/2022) pagi. Gus Mujib membuka sosialisasi kegiatan Dinas Bina Marga dan Bina Kontruksi tahun 2022 dana DBHCHT penyelenggaraan pemeliharaan berkala jalan di Kecamatan Sukorejo, Purwodadi dan Purwosari.

Baca Juga: Pemerintah Kabupaten Pasuruan Implementasi Kartu Kredit untuk Tingkatkan Pelayanan Publik

Tiga kecamatan tersebut merupakan wilayah dengan banyak industri rokok yang berproduksi. Sedangkan untuk lokasi perbaikan jalan berdasarkan beberapa kriteria, seperti jalan yang menuju lokasi perkebunan tembakau sebagai bahan baku rokok, jalan dari industri menuju pengiriman produk rokok itu sendiri dan kriteria lainnya.

"Jadi, pemeliharaan berkala jalan di Kabupaten Pasuruan boleh diambilkan dari DBHCHT asalkan memenuhi kriteria seperti jalan yang menuju perkebunan tembakau, jalan menuju lokasi pabrik rokok atau mendukung distribusi pengiriman rokok itu sendiri," kata Gus Mujib dalam sambutannya.

Pemkab Pasuruan pun bersyukur, lantaran keterbatasan anggaran bisa dibantu melalui dana bagi hasil cukai hasil tembakau. Untuk Kecamatan Purwodadi, lokasi pemeliharaan adalah jalan sepanjang Desa Capang-Pucangsari dengan panjang penanganan 578 X 5meter dengan anggaran sebesar Rp 800 juta lebih.

Baca Juga: Banyubiru Masih Jadi Destinasi Andalan Wisatawan

Selanjutnya adalah pemeliharaan berkala jalan lingkar Pasar Purwosari dengan panjang penanganan 605 X 4 meter dan anggaran sebesar Rp 350 juta lebih. Dan untuk di Kecamatan Sukorejo, lokasinya ada di sekitaran Jalan Lingkar Pasar Sukorejo dengan panjang penanganan 500 X 3 meter dan anggaran sebesar Rp 550 juta lebih.

Kata Gus Mujib, dengan pemeliharaan jalan secara berkala, tentu saja akan berdampak pada kemudahan akses transportasi masyarakat. Sehingga juga bermuara pada semakin nyamannya warga berkendara.

"Efek dominonya banyak. Kalau jalannya sudah bagus, maka kegiatan perekonomian warga juga semakin dipermudah. Akses transportasi itu penting supaya masyarakat juga nyaman berkendara," tandasnya.

Baca Juga: Pemkab Pasuruan Siap Support Pesta Rakyat Ski Lot

Rencananya, pemeliharaan jalan secara berkala akan selesai hingga 90 hari pengerjaan. Harapannya, masyarakat bisa ikut membantu merawat jalan yang sudah selesai diperbaiki.

" Harapan kami cuma satu, kalau sudah diperbaiki, bisa ikut menjaga dan merawatnya," harapnya. ris

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU