Pemkab Pasuruan Dapat Bantuan Program Jambanisasi dan RTLH dari Provinsi

author surabayapagi.com

- Pewarta

Minggu, 07 Agu 2022 16:44 WIB

Pemkab Pasuruan Dapat Bantuan Program Jambanisasi dan RTLH dari Provinsi

i

Wabup Mujib Imron saat Memberikan bantuan ke salah satu warga di kecamatan Rembang berupa jamban keluarga secara simbolis. 

SURABAYAPAGI.COM, Pasuruan - Wakil Bupati Mujib Imron hadir dalam kegiatan Penutupan Pembangunan Jamban Keluarga Bantuan Gubernur Jawa Timur. Sebuah program hasil kerjasama antara Kodam V Brawijaya bersama Pemerintah Provinsi Jawa Timur di Wilayah Kodim 0819 Pasuruan.

Kegiatan dilaksanakan di wilayah Koramil 0819/12 Rembang, tepatnya di Dusun Rembang, Desa Rembang, Kecamatan Rembang. Selain diikuti oleh Camat Rembang Firdaus Handara, turut hadir dalam kegiatan, Dandim 0819 Pasuruan Letkol Inf. Nyarman dan Kapolres Pasuruan, AKBP Bayu Pratama Gubunagi. Berikut Danramil 12 Rembang Kapten Czi S. Djoko Wahono, Kapolsek Rembang AKP Slamet Aji dan Kepala Desa Rembang, Yani. Tidak terkecuali warga penerima Program Jambanisasi, tokoh masyarakat dan tokoh agama di Desa Rembang.

Baca Juga: Pemkab Pasuruan Anggarkan Rp 24 Miliar

Bersama Dandim 0819, Kapolres Pasuruan dan jajaran Forkopimda Kabupaten Pasuruan, Wakil Bupati mengikuti secara virtual, Penutupan Pembangunan Jambanisasi Keluarga. Dalam sambutannya, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengucapkan rasa terima kasihnya kepada Pangdam, Dandim dan Bupati di 15 Kabupaten di wilayah Provinsi Jawa Timur.

“Saya ucapkan terima kasih kepada Bupati dan Kapolres di tiap Kabupaten. Semoga program Rumah Tidak Layak Huni (Rutilahu) dan Jambanisasi bermanfaat bagi masyarakat penerima bantuan. Kami berharap, semuanya bisa menjaga dan merawat Rutilahu dan Jambanisasi dengan baik,” ucap Gubernur pada hari Kamis (4/8/2022).

Di momen yang sama, Pangdam V Brawijaya Mayjen TNI Nurcahyanto juga mengucapkan rasa terima kasihnya kepada Gubernur Jawa Timur atas bantuan yang diberikan kepada masyarakat melalui Kodim jajaran. Disusul pernyataan yang menyebutkan bahwa kegiatan program Provinsi Jawa Timur sangat bermanfaat bagi warga yang membutuhkan.

Baca Juga: Pemkab Pasuruan Beri Toleransi ASN yang Mudik Luar Daerah

“Kami ucapkan terima kasih atas kerjasama dan dukungan kepada Bupati tiap Kabupaten di Provinsi Jatim. Kami dan Jajaran Kodam V Brawijaya tetap melaksanakan tiap tahun Rutilahu dan Jambanisasi,” tuturnya.

Dalam agenda yang digelar secara hybrid tersebut, Dandim dan Bupati Lamongan berkesempatan menyampaikan progres realisasi program Jambanisasi di wilayahnya. Disusul oleh pemaparan Dandim dan Bupati Pamekasan dan Bupati Pamekasan serta Dandim dan Bupati Ngawi.

Baca Juga: BNPB Salurkan Rp 150 Juta Bantuan untuk Kabupaten Pasuruan

Seusai acara diakhiri, kegiatan dilanjutkan dengan peresmian Jambanisasi di Dusun Rembang RT 3 RW 6, Desa Rembang, Kecamatan Rembang oleh Wakil Bupati. Didampingi Camat Rembang, Dandim 0819, Kapolres dan Forkopimda Kabupaten Pasuruan, peninjauan lokasi dilakukan terhadap salah satu rumah warga setempat penerima bantuan.

Di wilayah Kodim 0819 Pasuruan, total ada 52 penerima bantuan Pembangunan Jamban Keluarga Tahun Anggaran 2022. Program Jambanisasi  merupakan bantuan dari Gubernur Jawa Timur bekerjasama dengan Kodam V Brawijaya. Dibangun tersebar di 4 Kecamatan yakni Rembang, Kraton, Kraton, Grati dan Rejoso yang pembangunannya mulai dilaksanakan pada tanggal 24 Mei 2022. ris

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU