Pemkab Pasuruan Maksimalkan Program BSPS Melalui RTLH

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 28 Feb 2023 18:58 WIB

Pemkab Pasuruan Maksimalkan Program BSPS Melalui RTLH

i

Wabup Gus Mujib saat memberikan penjelasan program pemerintah tentang RTLH kepada warga Pasuruan.

SURABAYAPAGI.COM, Pasuruan - Pemerintah Kabupaten Pasuruan siap mendukung program Pemerintah Pusat dalam upaya pembangunan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) oleh Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR). Diantaranya melalui program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) yang diinisiasi oleh Direktorat Jenderal Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).   

Disampaikan dalam agenda Sosialisasi BSPS  Tahap III Tahun Anggaran 2023, Wakil Bupati Mujib Imron menyatakan tentang kesiapan Pemerintah Daerah dalam mengawal realisasi program. Mulai dari awal pelaksanaan hingga tahapan akhir kegiatan.     

Baca Juga: Pemkab Pasuruan Beri Toleransi ASN yang Mudik Luar Daerah

"Pemerintah Daerah berkomitmen untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Diantaranya dilakukan melalui program RTLH. Demikian juga dalam RTLH dari Pemerintah Pusat melalui BSPS," ujar Wakil Bupati pada hari Senin (27/2/2023).

Total ada 50 unit rumah yang tersebar di beberapa wilayah di Kabupaten Pasuruan. Masing-masing, 15 unit di Desa Kalirejo Kecamatan Gondangwetan, 15 unit di Desa Rebalas Kecamatan Grati, 20 unit rumah di Desa Ketegan dan 5 unit di Desa Rejoso Kidul Kecamatan Rejoso.

Adapun nilai BSPS setiap unitnya sebesar Rp 20 Juta. Adapun rinciannya, Rp 17.500.000 digunakan untuk bahan bangunan. Sedangkan Rp 2,5 Juta dimanfaatkan untuk ongkos kerja.

Baca Juga: BNPB Salurkan Rp 150 Juta Bantuan untuk Kabupaten Pasuruan

"Maturnuwun Pak Kades, Bu Kades sudah mengawal Bapak/Ibu dari Desa masing-masing. Alhamdulillah kita bersyukur kepada Allah SWT, Bapak Ibu mendapatkan bantuan stimulus perumahan. Pemerintah Pusat melalui Kementerian PUPR memberikan bantuan perumahan sebanyak 20 Juta. Jika dibandingkan dengan RTLH yang dibiayai oleh Pemkab Pasuruan, tahun ini lebih banyak," kata Gus Mujib sapaannya.

Dalam acara yang diadakan di Kantor Kecamatan Rejoso tersebut, Wakil Bupati menyampaikan harapannya kepada para penerima dana stimulan. Sekaligus menjelaskan tentang skema penyaluran dana stimulan bantuan RTLH kepada warga penerima BSPS.

Baca Juga: Pemerintah Kabupaten Pasuruan Terapkan Sistem MERIT ASN

"Nanti pendistribusian dana stimulan akan ditransfer ke masing-masing penerima. Dari bantuan BSPS ini, insyaallah rumah Bapak Ibu lebih mapan. Mudah-mudahan barokah, bisa menempatinya sehat walafiat biar bisa mensyukuri untuk ibadah," kata Gus Mujib seraya tersenyum simpul.

Hadir dalam kegiatan, Kepala Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan Jawa IV, Kepala Satuan Kerja Penyediaan Perumahan Provinsi Jawa Timur, PPK Rumah Swadaya II dan Tenaga Ahli BSPS Wilayah II. Berikut Camat Gondangwetan, Rejoso dan Camat Grati, Kepala Desa Kalirejo Kecamatan Gondangwetan, Kepala Desa Ketegan Kecamatan Rejoso, Kepala Desa Rebalas Kecamatan Grati dan Kepala Desa Rejoso Kidul Kecamatan Rejoso. ris

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU