Pemkab Pasuruan Mendapat Penghargaan Predikat Bebas Frambusia

Penghargaan untuk Pemkab Pasuruan Sebagai Kabupaten Bebas Frambusia

SURABAYAPAGI.COM, Pasuruan - Dalam penilaian selama 4-5 tahun terhadap penyakit frambusia di Kabupaten Pasuruan membuahkan hasil yang positif, dan Kabupaten Pasuruan dinyatakan sebagai Kabupaten dengan Predikat Bebas Frambusia.

Predikat Kabupaten Bebas Frambusia yang disematkan oleh Kementerian Kesehatan kepada Pemerintah Kabupaten Pasuruan merupakan tantangan bersama. untuk mempertahankannya tidak hanya Pemerintah Daerah saja yang berkewajiban, melainkan juga membutuhkan peran aktif seluruh lapisan masyarakat.

Raihan prestasi di bidang kesehatan yang diserahterimakan dari Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan RI, dr. Maxi Moworuntu tersebut adalah momentum yang sangat tepat untuk melakukan Eradikasi Frambusia. Yakni upaya pembasmian yang dilakukan secara berkelanjutan untuk menghilangkan Frambusia (penyakit menular langsung antar manusia akibat infeksi kronis bakteri Treponema Pertenue) secara permanen.

Tidak hanya sebagai Kabupaten yang bebas penyakit frambusia, Pemerintah Kabupaten Pasuruan juga harus mampu mempertahankan bebas malaria. Kuncinya, pola hidup sehat, karena segala macam penyakit itu awalnya dipengaruhi pola hidup sehatnya.

Sertifikat Bebas Frambusia. Selanjutnya diimbangi dengan peningkatan kesadaran masyarakat agar menjaga budaya hidup sehat secara terus-menerus dan konsisten.

Kesehatan merupakan hak dasar masyarakat , selain Pemerintah Daerah memberikan layanan sarana prasarananya. Kemudian dari SDM layanan kesehatannya melalui Dinas Kesehatan juga harus terus mengajak masyarakat untuk budaya hidup sehat. Sama saja masyarakat yang mendapatkan Sertifikat, kemudian secara mandiri kita juga edukasi terus melakukan apa yang harus dilakukan masyarakat juga. Biar bersama-sama Pemerintah bisa mempertahankan komitmen untuk mau dan mampu menjaga dirinya sendiri dan lingkungannya dalam melakukan PHBS.

Di sisi lain, Pemerintah Kabupaten Pasuruan terus berkomitmen dalam pemenuhan sarana prasarana hidup sehat bagi masyarakat. Semisal peningkatan kualitas sanitasi melalui kegiatan jambanisasi yang saat ini kian diintensifkan pelaksanaannya.

Diketahui, penyerahan Sertifikat Kabupaten Bebas Frambusia menjadi satu rangkaian acara Puncak Peringatan Hari Malaria Sedunia Tahun 2022. Digelar di Hall Mandalika Sirkuit, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), prestasi tersebut sebagai bentuk apresiasi dari Pemerintah Pusat kepada Pemerintah Kabupaten Pasuruan berkat nol kasus Frambusia dalam interval waktu lima tahun terakhir. ris