Pemkab Pasuruan Salurkan 25 Sapi dan 85 Kambing

author surabayapagi.com

- Pewarta

Minggu, 10 Jul 2022 17:10 WIB

Pemkab Pasuruan Salurkan 25 Sapi dan 85 Kambing

i

Wabup Gus Mujib menyerahkan bantuan hewan qurban kepada takmir masjid Muhammad Cheng hoo secara simbolis.

SURABAYAPAGI.COM, Pasuruan - Hari Raya Idul Adha 1443, Pemerintah Kabupaten Pasuruan kembali melakukan pemotongan hewan kurban. Tahun ini, ada 25 ekor Sapi dan 85 ekor Kambing.

Jika dibandingkan dari Idul Adha tahun lalu, jumlah hewan kurban tersebut meningkat. Pada saat itu, jumlah Sapi yang disalurkan sebanyak 22 ekor. Sedangkan untuk hewan kurban Kambing sebanyak 84 ekor.

Baca Juga: Pemkab Pasuruan Anggarkan Rp 24 Miliar

Berdasarkan data dari Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra), Sekretariat Daerah Kabupaten Pasuruan disebutkan bahwa diantara hewan kurban tersebut merupakan sumbangsih dari Bupati Irsyad Yusuf dan Wakil Bupati Mujib Imron. Berikut Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Pasuruan dan beberapa stakeholder.

Secara simbolis, hewan kurban diserahterimakan dari Plh. Bupati Mujib Imron seusai melaksanakan sholat Idul Adha di Masjid Muhammad Cheng Hoo, Kecamatan Pandaan pagi tadi, Minggu (10/7/2022). Disaksikan oleh Kabag Kesra, Rahmat Yudi Hariyanto, Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kabupaten Pasuruan dan beberapa tokoh agama, bantuan diberikan kepada Ketua Ta’mir Masjid Muhammad Cheng Hoo Pandaan.

Baca Juga: Pemkab Pasuruan Beri Toleransi ASN yang Mudik Luar Daerah

Mekanisme pendistribusiannya, seluruh hewan kurban dibagikan ke masyarakat yang membutuhkan melalui beberapa Pondok Pesantren (Ponpes) dan Masjid. Berikut MUI (Majelis Ulama Indonesia), DMI dan PCNU (Pimpinan Cabang Nahdhatul Ulama) Kabupaten Pasuruan.

“Kita patut bersyukur kepada Allah SWT, hari ini masih diberikan kesehatan sempurna. Sehingga hari ini kita bisa melaksanakan sholat Idul Adha 1443 H. Hari Raya Idul Adha harus kita maknai bersama untuk diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. Utamanya dalam meningkatkan rasa kesetiakawanan dan kepedulian sosial kita kepada Saudara-Saudara kita yang kurang beruntung,” ucapnya.

Baca Juga: BNPB Salurkan Rp 150 Juta Bantuan untuk Kabupaten Pasuruan

Di sisi lain, Gus Mujib demikian biasanya Plh. Bupati Pasuruan tersebut familiar disapa menyebutkan bahwa momentum Idul Adha sekaligus sebagai pengingat komitmen bersama. Baik dalam upaya menjaga persatuan dan kesatuan, menjaga negeri dan bangsa besar Indonesia agar selalu aman, damai dan tenteram.

“Kita harus memegang teguh ideologi sebagai ummat Islam yaitu ideologi tauhid. Bagaimana Pancasila sebagai pemersatu bangsa. Tetap sebagai dasar negara dan tidak boleh diubah dalam kondisi apapun. Karena ini adalah pemersatu bangsa,” tandas Gus Mujib. ris

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU