Pemkab Pasuruan Siapkan Rp 150 M untuk UHC 2023

author surabayapagi.com

- Pewarta

Minggu, 25 Des 2022 13:07 WIB

Pemkab Pasuruan Siapkan Rp 150 M untuk UHC 2023

i

Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf, MM saat di Pendopo.

SURABAYAPAGI.COM, Pasuruan - Pemkab Pasuruan menyiapkan anggaran sebesar Rp 150 miliar lebih untuk mencapai cakupan kesehatan semesta atau Universal health Coverage (UHC) tahun 2023. Dengan anggaran itu, warga yang belum mempunyai jaminan kesehatan akan mendapatkannya mulai tahun depan.

Bupati Pasuruan M Irsyad Yusuf mengatakan, anggaran jumbo itu berasal dari Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT). Ia berharap tidak ada lagi warga yang mengeluh dan mengalami kesulitan saat berobat ke puskesmas maupun ke rumah sakit pemerintah dan swasta di Kabupaten Pasuruan.

Baca Juga: PDAM Kab Pasuruan Targetkan Tambahan 3500-5000 Pelanggan Baru

"Karena semuanya akan dicover pemerintah. Jadi tidak ada lagi masyarakat yang kesusahan untuk mereka bisa mendapatkan layanan kesehatan secara gratis di RSUD, puskesmas maupun rumah sakit swasta di Kabupaten Pasuruan," kata Gus Irsyad, sapaan Bupati Pasuruan, saat Ngopi Bersama Insan Pers, Aktual dan Ngetrend (Ngompers Anget) di Pendopo Kabupaten, Jum'at (23/12/2022).

Data per 1 Desember dari 1.606.807 penduduk Kabupaten Pasuruan sebanyak 85,84% atau 1.379,273 jiwa sudah menjadi peserta BPJS Kesehatan, baik penerima bantuan iuran pemerintah pusat, pemerintah daerah, perusahaan maupun mandiri.

Sebanyak 227,534 jiwa yang belum memiliki jaminan kesehatan akan mendapatkannya tahun depan, kecuali mereka yang mampu membiayai pengobatannya secara mandiri.

Baca Juga: Ratusan LC Geruduk DPRD Kabupaten Pasuruan

"Saya instruksikan kadinkes untuk sosialisasi ke RS sampai puskesmas. Pastikan semua pegawai yang berhubungan dengan pasien secara langsung, bisa membantu masyarakat secara langsung. Juga kadinsos untuk terus update data pasien apabila ternyata di kemudian hari masih ada warga yang belum tercover, saya minta langsung diurus," tegas Gus Irsyad.

Ia tidak ingin ada lagi pelayanan kesehatan warga yang lambat karena alasan adminitrasi.

"Saya jamin untuk warga yang sangat membutuhkan layanan kesehatan, mulai Januari 2023, cukup dengan menunjukkan KTP asli warga Kabupaten Pasuruan, akan langsung terlayani," harapnya.

Baca Juga: Pemerintah Kabupaten Pasuruan Implementasi Kartu Kredit untuk Tingkatkan Pelayanan Publik

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Pasuruan, Dyah Miryanti, menambahkan saat ini status capaian kepesertaan Kabupaten Pasuruan 85,84%. Daerah diberikan predikat UHC bila capaiannya 95%.

"Komitmen Pemda Kabupaten Pasuruan dengan anggaran yang telah diberikan untuk menuju UHC di bulan Januari 2023. Kami saat ini melakukan proses percepatan tersebut dan berkoordinasi dengan dinas-dinas terkait perihal data," kata Dyah. ris

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU