Pemkab Ponorogo Revitalisasi 15 Pasar Tingkatkan Perekonomian

author surabayapagi.com

- Pewarta

Rabu, 18 Nov 2020 15:45 WIB

Pemkab Ponorogo Revitalisasi 15 Pasar Tingkatkan Perekonomian

i

Salah satu pasar di Ponorogo yang direvitalisasi. SP/ DECOM

SURABAYAPAGI.com, Ponorogo - Dalam rangka pemulihan di sektor ekonomi pasca pandemi Covid-19, Pemkab Ponorogo mulai merevitalisasikan pasar tradisional. Langkah ini diambil Pemkab Ponorogo dan terbukti efektif meningkatkan perekonomian hingga 20 persen.

Kepala Dinas Perdagangan Koperasi dan Usaha Mikro (Disperdakum) Ponorogo Addin Andanawarih menjelaskan artinya dengan adanya peningkatan omzet ini, perekonomian di tingkat pasar rakyat.

Baca Juga: Laka Lantas Mobil Pikap Vs Motor di Ponorogo, 1 Emak-emak Tewas Ditempat

"Pasar rakyat mengalami peningkatan omzet. Rata-rata di atas 20 persen," tutur Kepala Dinas Perdagangan Koperasi dan Usaha Mikro (Disperdakum) Ponorogo Addin Andanawarih, Rabu (18/11/2020).

Menurut Addin, dana yang dialokasikan pun berbeda-beda. Untuk Pasar Sumoroto, Bungkal, Sawoo dan Pulung Rp 5 Miliar. Sementara Pasar Tamansari di Kecamatan Sambit menghabiskan dana sebesar Rp 3,5 Miliar. Sedangkan Pasar Tonatan menghabiskan Rp 1,8 M.

"Memang satu pasar dengan pasar lain berbeda. Tergantung besarannya. Juga tergantung dana yang diberikan APBN karena memang ini dari APBN, " tegas Addin.

Baca Juga: Dishub Jatim: 3.835 Orang Mudik Gratis, Ponorogo Jadi Tujuan Favorit 

Menurut informasi data, selama lima tahun ini Pemkab Ponorogo sudah tercatat melakukan revitalisasi di 15 pasar kecamatan. Di antaranya pasar Badegan, Sumoroto ada 2 pasar, Slahung, Balong, Jetis, Bungkal, Tamansari (Sambit), Pulung, Jenangan, Pasar Pon, Tonatan, Sawoo ada 2 pasar.

"Semua sudah selesai direvitalisasi. Tinggal pasar Legi. Maret 2021 sudah bisa ditempati," terang Addin.

Addin mengaku revitalisasi tidak hanya mempercantik bangunan fisik saja, melainkan juga untuk melengkapi fasilitas. Seperti toilet, musala, tempat laktasi, parkir yang nyaman, dan kebersihan.

Baca Juga: Warga Ponorogo Serbu Gerakan Pangan Murah

Selain itu, revitalisasi yang dilakukan pemkab tersebut banyak mendorong peralihan kunjungan konsumen yang sebelumnya lebih memilih ritel modern dan kurang berminat di pasar rakyat. Dsy15

 

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU