Pemkab Sidoarjo Responsif Bantu Korban Puting Beliung Di Desa Balongdowo

author surabayapagi.com

- Pewarta

Kamis, 04 Feb 2021 14:43 WIB

Pemkab Sidoarjo Responsif Bantu Korban Puting Beliung Di Desa Balongdowo

i

BPBD Kabupaten Sidoarjo membersihkan pohon tumbang akibat putting beliung SP/Beritajatim

SURABAYAPAGI.com, Sidoarjo – Angin putting beliung, Rabu (3/2/2021) malam merusak rumah-rumah warga di Desa Balongdowo, Kecamatan Candi, Kabupaten Sidoarjo. Tidak hanya itu angina putting beliung juga merobohkan puluhan stan di pasar Desa Balungdowo. Kejadian tersebut diperkirakan membuat kerugian hingga puluhan juta rupiah.

Mengenai kejadian tersebut, aksi responsif di lakukan oleh Hudiyono, Pj Bupati Sidoarjo. Usai mendapat laporan Hudiyono langsung bergerak menuju lokasi dengan membawa bantuan paket sembako.

Baca Juga: Proyek Miliaran Tak Transparan, Anggaran Desa Penambangan Diduga Diselewengkan

Hudiyono bersama nggota DPRD Wakil Ketua Komisi D Zahlul Yussar, Kepala BPBD Dwijo Prawito, Camat Candi serta Danramil Candi langsung meninjau kondisi lapangan. Hudiyono meminta Kepala Desa Balongdowo untuk secepatnya mendata rumah warga yang rusak terkena angina putting beliung.

“Penanganan pertama langsung kita lakukan perbaikan atap rumah warga agar tidak kehujanan. Kita juga memberikan bantuan sembako sebanyak 200 paket”, ujar Cak Hud usai meninjau langsung ke lokasi bencana puting beliung. Kamis (4/2/2021).

Baca Juga: Bupati Sidoarjo 'Bolos' Halal Bihalal di Grahadi, Pj Gubernur Jatim Adhy: Lebih Baik Tak Hadir

Cak Hud spaan akrab Hudiyono mengingatkan pada warga untuk tetap waspada terhadap cuaca eksrtrim. BPBD meendata setidaknya ada 30 rumah warga dan puluhan stan pasar rusak parah.

“Kita gerap cepat, langsung tanggap menghadirkan Kepala BPBD, Camat, Baznas dan dibantu relawan. Semua kompak membantu perbaikan rumah warga yang rusak,” terangnya.

Baca Juga: Pj Gubernur Jatim: Gus Mudhlor Masih Jabat Bupati Sidoarjo, Tunggu Langkah Tegas KPK

Zahlul Yussar, Wakil Ketua Komisi D DPRD Sidoarjo, ikut menyampaikan jika pada awal tahun 2021 ini banyak sekali terjadi musibah. Ia mengungkapkan seusai mendapat laporan dari warga, pihaknya langsung berkoordinasi dengan Pemkab Sidoarjo untuk penanganan.

“Kemarin malam saya dilapori masyarakat bahwa banyak rumah warga rusak tersapu puting beliung, kemudian saya koordinasi dengan menghubungi Pemkab Sidoarjo. Nanti akan ada bantuan material untuk perbaikan rumah yang rusak, kemudian bantuan sembako ada dari Baznas, BPBD, dan relawan. Bantuan juga ada uang tunai,” terang Zahlul, Kamis (4/2/2021). Arb8

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU