Pemkab Situbondo Anggarkan Rp300 Juta Pengadaan Benih Padi BK 01 dan 02

author surabayapagi.com

- Pewarta

Rabu, 24 Mei 2023 15:41 WIB

Pemkab Situbondo Anggarkan Rp300 Juta Pengadaan Benih Padi BK 01 dan 02

i

Panen Padi Varietas BK Situbondo 01 dan 02. Foto: Pemprov Jatim.

SURABAYAPAGI.COM, Situbondo - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Situbondo menganggarkan sekitar Rp300 juta pada perubahan anggaran keuangan APBD 2023 untuk pengadaan benih padi unggul BK 01 dan 02 agritan

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Situbondo, Haryadi Tejo Laksono menyebut bahwa pengadaan benih padi unggul BK Situbondo 01 dan 02 agritan dan akan dibagikan secara gratis kepada para petani di wilayah setempat.

Baca Juga: Penurunan Stunting di Situbondo Lampaui Target Nasional

"Saat ini kami masih melakukan penanaman padi varietas unggul baru tersebut. Nantinya benih padi BK 01 dan 02 itu dibagikan secara gratis kepada melalui gabungan kelompok tani," kata Haryadi di Situbondo, Rabu (24/5/2023).

Di samping itu, Kepala Bidang Pertanian pada Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Situbondo, Basmalah menerangkan bahwa anggaran untuk pengembangan bibit padi unggul BK 01 dan 02 mencapai sekitar Rp2 miliar sejak mulai dilakukan uji coba hingga pengadaan benih untuk dibagikan gratis kepada petani diperkirakan.

Baca Juga: Cuaca Ekstrem, Pelabuhan Jangkar Situbondo Ditutup Sementara

"Untuk pengadaan benih padi BK 01 dan 02 yang akan dibagikan gratis pada Oktober mendatang tidak sampai Rp2 miliar, itu total pengembangan bibit unggul tersebut. Pengadaan benihnya kami alokasikan sekitar Rp300 juta," terangnya.

Sehari sebelumnya, Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa bersama dengan Bupati Situbondo Karna Suswandi melakukan panen perdana padi varietas unggul baru BK Situbondo 01 dan 02 agritan pada Selasa (23/5/2023).

Baca Juga: Warga Pasuruan Ditemukan Tewas di Situbondo

Bibit padi BK-900 yang kemudian disebut dengan BK Situbondo 01 dan 02 merupakan bibit varietas unggul baru (vub) yang mampu memproduksi padi dalam jumlah lebih besar dengan masa panen yang lebih singkat dibanding bibit padi pada umumnya.

Sebagai informasi, produktivitas padi varietas unggul baru BK 01 dan 02 ini bisa mencapai 10,56 ton gabah kering panen (GKP) per hectare. Artinya, produktivitasnya dua kali lipat dibandingkan padi varietas pada umumnya. stb

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU