Pemkab Situbondo Mulai Salurkan Pupuk Subsidi MT II 2023

author surabayapagi.com

- Pewarta

Minggu, 21 Mei 2023 11:20 WIB

Pemkab Situbondo Mulai Salurkan Pupuk Subsidi MT II 2023

i

Foto ilustrasi. Foto: Kementan.

SURABAYAPAGI.COM, Situbondo - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Situbondo melalui Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan mulai menyalurkan pupuk bersubsidi jenis urea untuk memenuhi kebutuhan petani pada musim tanam kedua (MT II) yang berlangsung sejak awal Mei 2023.

Kepala Bidang Penyuluhan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Situbondo, M Zaini mengatakan bahwa sebanyak 2.145 ton pupuk bersubsidi sudah disalurkan ke masing-masing kios pupuk pada MT II di bulan Mei 2023.

Baca Juga: Mentan Warning Oknum Jual Pupuk di Atas HET

"Pada musim tanam kedua (Mei, Juni, Juli, Agustus) pupuk bersubsidi yang kami siapkan untuk disalurkan ke kios sebanyak sekitar 8.575 ton. Jadi, tiap bulan pupuk kami salurkan sekitar 2.145 ton," kata Zaini di Situbondo, Sabtu (20/5/2023).

Menurutnya, jumlah ketersediaan pupuk subsidi yang mencapai 8.575 ton tersebut dipastikan bisa mencukupi kebutuhan petani setelah panen raya pada bulan Maret-April lalu.

"Oleh karena itu, kebutuhan pupuk subsidi urea pada masa tanam kedua ini petani tidak perlu khawatir stoknya kosong. Karena kami sudah mengecek di gudang penyimpanan pupuk sudah ada, dan tinggal disalurkan ke kios-kios atau agen secara bergantian," jelasnya.

Baca Juga: Penurunan Stunting di Situbondo Lampaui Target Nasional

Zaini menuturkan, penyaluran pupuk subsidi yang mulai dilaksanakan sejak awal bulan Mei, namun masih ada beberapa kios yang belum juga belum menebus kepada pihak distributor.

"Beberapa hari lalu kami mencatat ada 1.800 ton pupuk subsidi urea yang belum ditebus oleh kios atau pengecer. Besok kami update lagi penyaluran pupuk subsidi untuk bulan ini," ujarnya.

Baca Juga: Cuaca Ekstrem, Pelabuhan Jangkar Situbondo Ditutup Sementara

Ia pun berharap, kios atau pengecer pupuk subsidi segera menebus pupuk yang sudah tersimpan di gudang, sehingga petani yang saat ini mulai memasuki masa tanam tidak kesulitan untuk mendapat pupuk.

"Meskipun stok pupuknya ada di gudang, tapi kios tidak menebusnya, tentu para petani masih belum bisa dapat pupuk. Jadi, kami berharap kios segera menebus agar bisa cepat diterima petani," ucapnya. stb

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU