Pemkot Batu Akan Gelar Operasi Yustisi Hingga Akhir November

author surabayapagi.com

- Pewarta

Senin, 19 Okt 2020 11:01 WIB

Pemkot Batu Akan Gelar Operasi Yustisi Hingga Akhir November

i

Pengendara didapati tidak menggunakan masker saat di Jalan Trunojo, Kecamatan Batu. SP/ JT

SURABAYAPAGI, Batu - Angka pelanggar Prokes Covid-19 di Kota Batu mengalami penurunan. Meski demikian Pemkot Batu tetap terus melakukan Operasi Yustisi dan Cipta Kondisi untuk menegakkan disiplin protokol kesehatan Covid-19 di beberapa pusat keramaian setiap hari, Senin (19/10/2020).

Saat ini, jumlah tersebut turun hingga setengahnya. Jika dibandingkan sejak diterapkannya denda di tempat beberapa waktu lalu, tercatat ada 20-40 pelanggar dalam sehari.

Baca Juga: Libur Lebaran, Pemkot Batu Target 1 Juta Kunjungan Wisatawan

Tercatat dalam operasi yang digelar pada Minggu (18/10/2020) itu hanya ada 17 pelanggar. Seperti halnya pada operasi yustisi yang dilaksanakan satuan tugas (satgas) oleh Polri, TNI, Satpol PP, BPBD, dan Dishub dibeberapa ruas jalan.

“Semakin hari angka pelanggaran mengalami penurunan. Dengan menurunnya angka tersebut masyarakat mulai disiplin akan pentingnya protokol kesehatan,” ujar Kepala Satpol PP Kota Batu, M. Nur Adhim. 

Menurutnya, Sudah banyak warga yang mulai disiplin dan mengerti pentingnya protokol kesehatan di tengah pandemi Covid-19. Kebanyakan yang ditemukan saat terjaring operasi tersebut rata-rata tidak menggunakan masker dengan benar. Misalnya menurunkan masker di bawah hidung hingga dagu. 

Baca Juga: Pemkot Batu Kirim Bantuan untuk Korban Banjir di Jateng

Tindakan yang dilakukan oleh petugas pun dengan memberikan teguran dan sosialisasi.

“Kami memberikan teguran dan sosialisasi. Kemudian ada juga yang diberikan sanksi berupa push up, tapi tidak semua dilihat dari kondisi fisik dari pelanggar tersebut,” imbuhnya.

Rencananya operasi yustisi itu akan digelar hingga akhir bulan November mendatang. Dalam sehari operasi itu digelar pada pagi, sore, dan malam. 

Baca Juga: Kapolres Batu Ajak Warga Jaga Kamtibmas saat Safari Ramadhan Bersama Forkopimda

“Dengan upaya ini semoga masyarakat disiplin pentingnya protokol kesehatan mengingat pandemi Covid-19 belum berakhir,” tutup mantan Camat Junrejo ini. Dsy7

 

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU