Pemkot Batu Siapkan Perpustakaan Umum Senilai Rp 2,7 Miliar

author surabayapagi.com

- Pewarta

Senin, 01 Feb 2021 12:45 WIB

Pemkot Batu Siapkan Perpustakaan Umum Senilai Rp 2,7 Miliar

i

Salah satu pengunjung sedang memilih buku di perpustakaan Balai Kota Among Tani Kota Batu. SP/ JT

SURABAYAPAGI.com, Malang - Dalam rangka menarik minat baca warganya, Pemkot Batu mulai mempersiapkan tempat untuk menjadikan perpustakaan umum yang letaknya lebih representatif di Kota Batu. Rencananya tempat itu ada di Jalan Kartini, Kelurahan Sisir, Kecamatan Batu.

Menurut Kepala Bidang Perpustakaan Disperpusip Kota Batu Retno Purbawati mengatakan bahwa tempat tersebut merupakan salah satu aset milik Pemkot Batu atau bekas gedung Dinas Cipta Karya Kota Batu. Saat ini gedung tersebut tidak terpakai dan  hanya dimanfaatkan tempat parkir mobil pemadam kebakaran. 

Baca Juga: Libur Lebaran, Pemkot Batu Target 1 Juta Kunjungan Wisatawan

“Kami masih mempersiapkan pelimpahan aset gedung, dari pengampu sebelumnya ke kami. Semoga di-acc supaya bisa dipersiapkan untuk perpustakaan kota,” katanya, Senin (1/2/2021).

Bahkan Disperpusip Kota Batu telah menyiapkan anggaran untuk menghadirkan perpustakaan umum kota. Nilainya Rp 2,7 miliar. Anggaran itu digunakan untuk rehabilitasi gedung. 

Baca Juga: Pemkot Batu Kirim Bantuan untuk Korban Banjir di Jateng

Jika gedung tersebut bisa dijadikan perpustakaan umum Kota Batu, dua lantai bisa dimanfaatkan. Ada kurang lebih 105 ribu jilid buku yang akan disiapkan dengan daya tampung 100 pengunjung.

“Luas gedung di Jalan Kartini itu tidak sampai seribu meter persegi. Tapi setidaknya gedung tersebut bisa menampung sampai 100 pengunjung. Rencananya akan kami siapkan juga fasilitas tambahan,” imbuh Retno.

Baca Juga: Kapolres Batu Ajak Warga Jaga Kamtibmas saat Safari Ramadhan Bersama Forkopimda

Rencananya, rehabilitas gedung bakal dimulai pada  2021 ini. Sebab,  tahapan perencanaan sudah diselesaikan oleh pihak konsultan. Sehingga tahap selanjutnya paket pekerjaan itu bisa dimasukkan ke bagian layanan pengadaan untuk dilakukan lelang.

“Segala upaya dilakukan Pemkot Batu, supaya menggugah minat baca anak hingga dewasa tinggi. Apalagi nanti lokasi representatif atau dekat dengan Alun-Alun Kota Batu,” tutup Retno. Dsy11

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU